Kapolda Jatim, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, memimpin rapat koordinasi terkait Pilkada Serentak di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa 22 September 2020. (Foto: Dok. Polda Jatim)
Kapolda Jatim, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, memimpin rapat koordinasi terkait Pilkada Serentak di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa 22 September 2020. (Foto: Dok. Polda Jatim)

Polda Jatim Sosialisasikan Maklumat Kapolri dalam Pilkada

Ngopibareng.id Pilkada 22 September 2020 16:35 WIB

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim terus melakukan koordinasi. Ini terkait penyelenggaraan mulai dari tahapan pendaftaran sampai nanti penghitungan suara Pilkada Serentak 2020.

Kordinasi ini dilakukan mengingat telah dikeluarkannya Maklumat Kapolri Nomor MAK/3/IX 2020 pada Senin, 21 September 2020. Maklumat tersebut tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

“Ada beberapa poin yang perlu dan dilaksanakan dalam pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional. Kita sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat perlu adanya pelaksanaan dan penegasan di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, lanjur Trunoyudo, setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan melandasi dengan instrumen hukum yang ada terkait penerapan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Polri bersama KPU dan Bawaslu menyamakan persepsi tentang munculnya Maklumat Polri dalam Pilkada Serentak nanti. Sebab, Jatim menjadi salah satu daerah dengan resiko yang masih tinggi terjadinya penyebaran Covid-19 yang lebih besar apabila tak diantisipasi dengan protokol kesehatan.

Trunoyudo menambahkan, kondisi paling rawan nanti adalah masa kampanye yang akan ada pengerahan massa. Sebab, peraturan KPU tidak ada larangan mengundang massa untuk kampanye akbar, hanya memang jumlahnya yang dibatasi.

“Pengerahan massa waktu pendaftaran sudah kita lalui, nanti ada penetapan pasangan calon itu kita harapkan agar tidak membawa massa kerumunan ke kantor KPU. Kemudian masa kampanye, kan ada aturannya. Ikuti saja aturan dari KPU,” pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Oct 2020 21:30 WIB

Sinopsis Flying Swords of Dragon Gate: Jurus Pedang Jet Li

Film

MNC TV akan menayangkan film Flying Swords of Dragon Gate.

21 Oct 2020 20:49 WIB

Ipuk Janji Perkuat Perlindungan & Pendampingan Pekerja Migran

Pilkada

Ipuk juga akan melakukan pendampingan terhadap eks pekerja migran.

21 Oct 2020 20:42 WIB

Ikut Roadshow Kampanye Er-Ji, Risma Sudah Izin Cuti ke Khofifah

Pilkada

Khofifah telah memberi lampu hijau untuk Risma

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...