Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Antisipasi Banjir dan Longsor, Polda Jatim Dirikan Belasan Posko

Jawa Timur 03 January 2020 11:44 WIB

Mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor, Polda Jatim menyiapkan posko tanggap bencana di beberapa daerah. Hingga kini, sedikitnya 16 tenda tanggap bencana telah terpasang. 

"Polres-polres juga sudah bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendirikan posko terutama daerah yang rawan banjir dan rawan bencana longsor," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat ditemui di Polda Jatim, Surabaya, Jumat, 3 Januari 2020.

Kapolda menyebut, bencana banjir rawan terjadi di daerah Bondowoso, Lamongan, Gresik, Tuban, dan Ngawi. Sedangkan bencana longsor rawan muncul di kawasan Mataraman, di antaranya Ngawi, Trenggalek, dan Ponorogo.

Luki melanjutkan, posko dibangun lengkap dengan tenda untuk evakuasi korban, dapur umum termasuk bahan pokoknya, serta tim kesehatan.

"Ada 16 tenda yang sudah terpasang digunakan untuk berteduh, lengkap dengan dapur dan (bahan) makanannya, untuk kesehatan juga ada, semuanya sudah ada di tenda-tenda, jadi tanggap bencananya sudah siap," ujarnya.

Tak hanya menyiapkan posko saja, tim tanggap bencana juga menyiapkan alat berat untuk evakuasi bencana longsor di daerah pegunungan.

"Alat-alat berat kami geser (didekatkan) ke daerah pegunungan, apabila nanti ada longsor, alat berat itu bisa (digunakan) untuk evakuasi," pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Feb 2020 15:03 WIB

Enam Artis Ibukota Terlibat Kasus Carding

Kriminalitas

Enam artis diduga berperan untuk endorse

27 Feb 2020 14:46 WIB

Jemaah Umroh Distop, Ini Tanggapan Kedubes RI di Riyadh

Nasional

Ini tanggapan KBRI di Riyadh tentang jemaah umroh distop karena coronavir.

27 Feb 2020 14:34 WIB

Sebelum Berangkat, Warga Tumpang Pitu dapat 'Kunjungan' Ormas

Jawa Timur

Mengaku dari salah satu ormas dan mengaku terganggu dengan warga

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.