Kapolda Jatim, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran bersama dengan komisioner KPU Jatim di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin 6 Juli 2020.

Bentuk Satgas Nusantara, Polda Jatim Siap Amankan Pilkada 2020

Pilkada 06 July 2020 19:33 WIB

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Fadil Imran menyatakan siap mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di 19 kabupaten/kota di Jatim.

Hal itu ditegaskan ketika menerima audiensi dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin 6 Juli 2020 sore.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak mematangkan kesiapan pengamanan karena ada begitu banyak tahapan yang akan dijalani sampai nanti pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Dengan persiapan jauh-jauh hari diharapkan tidak ada gangguan terhadap setiap tahapan.

"Meski kurang 4 bulan lagi, namun semua tahapan Pilkada harus disiapkan pengamanan jauh-jauh hari. Hal ini sebagai bentuk upaya antisipasi gangguan kantibmas saat gelaran Pilkada di jatim," kata Fadil.

Kapolda berdarah Sulawesi Selatan itu menambahkan, untuk pengamanan tahapan Pilkada Jawa Timur nantinya akan dipimpin langsung oleh Wakapolda Jatim. Nantinya akan dibentuk Satgas Nusantara, guna menciptakan suasana, aman, damai, dan sejuk, sehingga Pilkada di Jatim aman dan berjalan dengan baik.

"Kami Polda Jatim siap mengamankan jalannya Pilkada. Selain itu, kapolres jajaran juga akan membackup penuh mulai tahapan pemilihan hingga pencoblosan,” kata jenderal bintang dua itu.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyebutkan, sampai saat ini KPU Jatim juga telah melakukan beberapa tahanan Pilkada. Mulai dari pembentukan anggota KPPS dan juga penyiapan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan petugas di lapangan saat pencoblosan hingga usai.

“Bahkan, persiapan rapid test bagi petugas yang akan turun baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota," kata Anam.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Sep 2020 19:36 WIB

Angka Kesembuhan di RS Lapangan Indrapura Tembus Angka 2.000

Kesehatan

Kunci kesembuhan Covid-19 monitoring ketat.

23 Sep 2020 19:23 WIB

2 Pegawai Positif, Kantor Dinas Penanaman Modal Kediri Ditutup

Jawa Timur

Dua pegawai kantor Dinas Penanaman Modal Kediri positif Covid-19.

23 Sep 2020 19:12 WIB

Warkop DKI Ulang Tahun ke-47

Selebriti

Indro merayakan ulang tahun Warkop DKI ke-47.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...