Polda Jatim Sita Ribuan Tabloid Indonesia Barokah

26 Jan 2019 16:43 Jawa Timur

Polda Jatim menyita ribuan eksemplar Tabloid Indonesia Barokah di sejumlah daerah di Jawa Timur. Tabloid tersebut dianggap melanggar aturan kampanye, karena kontennya bermuatan kampanye hitam.'

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, penyitaan tersebut merupakan pencegahan agar masyarakat tidak terkena informasi yang menyesatkan dari isi tabloid tersebut.

“Banyak yang kami temukan. Bila dibuka semuanya ya jumlahnya ribuan. Ada dari berbagai daerah di Jawa Timur, di Pasuruan, di Mojokerto. Semuanya sudah kita sita,” ujar Barung, Sabtu 26 Januari 2019.

Tabloid Indonesia Barokah ditemukan beredar di sejumlah masjid dan pondok pesantren di kabupaten atau kota di Jatim. Langkah cepat penyitaan pun langsung dilakukan kepolisian.

“Hampir seluruh pesantren dan masjid diikirimi. Beberapa mungkin sudah tersebar. Tetapi sebagian sudah dilaporkan dan kami sita. Saat ini polisi juga tengah menelusuri alamat pengirim,” kata Barung.

Pihaknya sudah bekerja sama dengan para pengurus pesantren dan masjid untuk mengamankan tabloid tersebut. Kepolisian mengimbau untuk tidak menyebarkan tabloid tersebut kepada masyarakat.

“Langkah ini kami ambil karena tabloid itu kontennya provokatif. Isinya black campaign karena itu sebisa mungkin jangan disebar. Kami bersyukur karena mereka (masjid dan pesantren) paham dan mengikuti arahan kami,” paparnya.

Polda Jatim pun, kata Barung, telah menerjunkan tim untuk menelusuri siapa pengirim Tabloid Indonesia Barokah tersebut.

"Tapi umumnya (pengirim) datang ke kantor pos tertentu kirim tidak menggunakan alamat resmi. Untuk itu hari ini intelejen sudah bekerja, polres bekerja," pungkas Barung.(ocn)

Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini