Macet Sebabkan Angka Kecelakaan Menurun pada Natal dan Tahun Baru

02 Jan 2019 13:55 Jawa Timur

Polda Jawa Timur mengklaim selama Natal dan Tahun Baru 2019, angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur menurun, dibanding momen serupa tahun sebelumnya. Penurunan angka kecelakaan lalu lintas itu berdasarkan laporan Operasi Lilin Semeru selama 12 hari sejak 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019.

Faktor yang menyebabkan turunnya pelanggaran dan kecelakaan ialah dibukanya tol fungsional dan sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh pemerintah. Berdasarkan data, tercatat 54 kejadian kecelakaan terjadi di Jawa Timur selama Operasi Lilin Semeru. Angka itu menurun drastis dibandingkan momen yang sama tahun 2017, yakni 203 kejadian.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, berdasar data, semakin macet makin menurun angka kecelakaan.

“Semakin macet rupanya semakin turun kecelakaan. Nah, ini yang menjadi beberapa hal (faktor) yang terjadi,” ujar Barung Mangera di Mapolda Jatim Rabu, 2 Januari 2019.

Tak hanya itu, angka kejahatan konvensional curat, curas dan curanmor selama libur Natal dan Tahun Baru sebanyak 189 kejadian. Jumlah tersebut menurun dibanding tahun 2017 sebanyak 194 kejadian, Sedangkan Kejadian tertinggi berada di wilayah Kepolisian Resor Bangkalan, Madura, yakni 28 kejadian.

“Memang ada yang meningkat di beberapa Polres, kejadian kejadian yang terjadi antara lain kejahatan konvensional yang terjadi di wilayah Madura itu aku cukup besar,” kata Barung.

Menurut Barung, Operasi Lilin Semeru menyasar empat fokus, yakni kegiatan ibadah, kegiatan rekreasi, jalan, dan orang.

"Kita menyatakan bahwa Operasi Lilin Polda Jawa Timur dilaksanakan dari tanggal 21 sampai dengan sekarang berjalan aman, tertib, dan lancar, serta kondusif. Ini semua ini semua berkat peranan serta daripada masyarakat seluruh Jawa Timur,”pungkas Barung. (ocn)

Reporter/Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini