Polda Jatim Kejar Anggota Kelompok Hacker Surabaya "SBH"

13 Mar 2018 20:50 Kriminalitas

Jajaran Polda Jawa Timur bakal bergerak terkait penangkapan tiga pelaku kelompok hacker bernama "Surabaya Black Hat" yang dilakukan Polda Metro Jaya di Surabaya, belum lama ini.  Disinyalir, masih ada anggota lain dari kelompok hacker yang berhasil meretas situs di 44 negara ini.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan anggota dari SHS tidak hanya yang sudah ditangkap "Masih ada anggotanya lainnya, untuk itu kita akan kembangkan dan mencari pelaku yang terlibat dengan kelompok peretas ini, " ujar Kapolda Jatim, saat berkunjung ke Rumah Sakit Darmo, Surabaya, Selasa 13 Maret 2018.

Ditegaskan Machfud, Polda Jatim akan menindak tegas pelaku "Surabaya Black Hat" yang selama ini meresahkan beberapa negara. Sebab, ada unsur pidana yang harus dijalani. "Karena ini merusak dan merugikan banyak pihak jadi harus dipidanakan," ucapnya.

Selain itu, Machfud menerangkan banyak juga dari mereka yang masih pemula. "Black Hat akan kita proses hukum. Kalau pemula masih iseng-iseng, kalau masih bisa dibina akan kita bina. Kita lihat backgroundnya lah," sambungnya.

Sebelumnya, Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat bersama Tim Cyber Crime Polda Metro Jaya baru saja  menangkap tiga hacker asal Surabaya yang meretas ribuan situs di 44 negara. (ris)

 

Reporter/Penulis : Rahmad Utomo


Bagikan artikel ini