Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto:  Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Polda Jatim Jaga Ketat Rumah Orang Tua Mahfud MD

Ngopibareng.id Nasional 02 December 2020 18:24 WIB

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur melakukan penjagaan ketat di rumah orang tua Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Mohammad Mahfud MD di Jalan Dirgahayu, Kelurahan Bugih, Pamekasan, Rabu 2 Desember 2020.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, penjagaan ini dilakukan buntut dari kejadian penggerudukan oleh sekelompok massa pada 1 Desember 2020 siang lalu.

Trunoyudo mengatakan, ada sekitar 12 personel yang melakukan penjagaan secara terbuka dan tertutup di lokasi. Penjagaan ini untuk mengantisipasi adanya aksi lanjutan.

Tak hanya itu, Truno menyebut pihaknya juga telah melakukan penjagaan di kediaman Ibunda Mahfud MD sejak 12 November lalu. Saat kejadian berlangsung, polisi juga berada di lokasi dan menertibkan massa.

"Sebelumnya, sejak tanggal 12 November yang lalu rumah tersebut sudah dijaga secara terbuka maupun tertutup oleh Polres Pamekasan," ungkap Trunoyudo.

"Betul durasi 32 detik dalam video kejadian tersebut. Namun, fakta kejadian di lapangan sekitar 5 menit. Aksinya spontan, mereka turun dari kendaraan dan meneriakkan. Kemudian secara preemtif dan preventif dapat ditangani. Kapolres turun tangan langsung dan diimbau kembali ke kendaraan masing-masing," pungkasnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, sekira pukul 14.30 WIB rumah orang tuanya digeruduk massa yang menggunakan pakaian serba putih beserta peci. Saat menggeruduk, massa meminta Mahfud MD untuk keluar dari rumahnya.

Hasilnya nihil karena rumah tersebut memang sudah lama tidak ditempati. Massa kemudian akhirnya membubarkan diri setelah personel kepolisian datang mengamankan lokasi.

Terdengar kabar, penggerudukan rumah Mahfud MD ini terjadi karena permasalahan hasil tes swab Covid-19 Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jan 2021 23:45 WIB

Datangi Asrama Isolasi, Emil Apresiasi Pemkab Trenggalek

Jawa Timur

Menurut Emil, hal tersebut sangat berdampak positif.

23 Jan 2021 23:30 WIB

Akui Positif Covid, Warganet Puji Doni Monardo

Nasional

Tetap bobol meski sudah ketat protokol kesehatan

23 Jan 2021 23:05 WIB

Tiba di Sulbar, Bantuan Polda Jatim Segera Segera Didistribusikan

Jawa Timur

Bantuan itu berupa APD Covid-19, makanan, hingga keperluan bayi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...