Polda Jatim Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya, Jangan Golput

16 Apr 2019 17:56 Politik

Kepolisian Daerah Jawa Timur mengimbau kepada seluruh warga Jawa Timur untuk tidak golput.

Demikian disampaikan Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera dalam konferensi pers, Selasa, 16 April 209 di Polda Jatim.

"Hari ini Gubernur, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim mengunjungi sejumlah daerah di madura, tapal kuda, dan kawasan mataraman.  Mereka memastikan surat suara telah siap berada di TPS-TPS di seluruh Jatim," ujar Frans.

Frans menambahkan upaya KPU untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar, damai, dan tingkat partisipasi tinggi, harus dijawab dengan tidak golput.

"Masyarakat ojo golput. Lihat KPU yang sudah susah-susah melaksanakan amanat undang-undang dengan baik dan berintegritas ini harus dibalas dengan partisipasi yang tinggi tidak golput," kata Frans.

Seperti yang diketahui, Rabu 17 April 2019 akan diselenggarakan Pemilu Presiden dan Legislatif secara serentak.

Pilpres kali ini juga dianggap sebagai rematch Pilpres 2014 karena calon presiden di 2019 masih sama seperti di 2014, yakni Joko Widodo sebagai petahana melawan Prabowo Subianto.

Bagi Prabowo, ini ketiga kalinya maju dalam kontestasi Pilpres. Pada 2009, ia maju sebagai calon wakil presiden bersama Megawati Soekarnoputri sebagai calon Presiden.

Pada 2014, ia maju sebagai calon presiden ditemani oleh Muhammad Hatta Rajasa sebagai wakilnya.

Di 2019 ini, Prabowo kembali maju sebagai calon presiden didampingi Sandiaga Salahudin Uno sebagai calon wakil presiden. Sebelumnya Sandiaga merupakan wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Rasyid Baswedan.

Sedangkan Jokowi, pada pilpres kali ini menggandeng Ketua MUI yakni KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden.

Pada 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla memenangi Pilpres dengan presentase suara 53,15 persen. Sedangkan pasangan Prabowo-Hatta hanya meraup 46.85 persen suara. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini