Direktur Ditreskrimum Polda Jatim, Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie (kanan) saat merilis pengungkapan praktik prostitusi dengan modus karaoke keluarga di Gedung Ditreskrimum Polda Jatim, Surabaya, Kamis 19 Desember 2019.

Polda Jatim Bongkar Prostitusi Berbasis Karaoke Keluarga

Kriminalitas 19 December 2019 22:06 WIB

Polda Jatim kembali berhasil mengungkap praktik prostitusi yang diberkedok karaoke keluarga. Pengungkapan ini dilakukan setelah dilakukan penggerebekan di salah satu tempat karaoke DB di kawasan Banyu Urip, Surabaya, Rabu 18 Desember 2019 dini hari.

"Tim Jatanras dapat informasi dari masyarakat ada tempat prostitusi berkedok karaoke keluarga, DB di Sawahan, Surabaya. Mereka menemukan tempat yang tadinya adalah karaoke keluarga, ternyata dibalik itu ada kegiatan esek-esek,” kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim, Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie dalam rilis di Gedung Ditreskrimum Polda Jatim, Surabaya, Kamis 19 Desember 2019.

Dalam penggerebekan tersebut, tim penyelidik mengamankan seorang muncikari berinisial D, serta beberapa barang bukti, salah satunya adalah pakaian dalam.

Terkait tarif sekali main, pria yang akrab disapa Pitra itu mengatakan, muncikari mematok tarif mulai Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta. Dari tarif tersebut, sang muncikari mengantongi uang Rp300 ribu untuk satu transaksi.

"Sekali main para talent ini dibayar 500 sampai 1,5 juta. Dalam sekali, dia memperoleh 300 ribu. Ini berjalan sudah cukup sering. Modusnya, mami ini mencarikan LC (ladies companion) untuk pelanggan, dan mempertemukan dengan LC-nya. Dari situ dilakukan transaksi," katanya.

Meski berhasil mengungkap, Pitra memastikan tim penyidik masih akan terus mengembangkan praktik tersebut karena diindikasi ada banyak yang melakukan modus tersebut, dan ada jaringan muncikari lainnya.

Pitra mengatakan, dalam kasus ini telah ditetapkan satu tersangka yakni muncikari yang dijerat dengan pasa 296 KUHP dan 506 KUHP karena telah mengambil keuntungan dari praktik prostitusi.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 10:21 WIB

Juara Piala Super Eropa 2020, Hansi Flick Koleksi 4 Trofi Banyern

Liga Europa

Hansi Flick kumpulkan 4 trofi dari 38 laga Bayern Munchen.

25 Sep 2020 10:12 WIB

KONI Papua Gak Mau PON 2021 Ada Tuan Rumah Pendamping

Lain-lain

KONI Papua gak mau PON 2021 ada tuan rumah pendamping

25 Sep 2020 10:04 WIB

Bulan Depan Key SHINee Selesai Wajib Militer

Hiburan

Key SHINee selesai wajib militer 7 Oktober.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...