Petugas Polairud Banyuwangi menyerahkan bantuan kepada nelayan di Muncar (foto: Hujaini/Ngopibareng.id)

Tak Melaut, Nelayan Muncar Banyuwangi dapat Sembako dari Polairud

Jawa Timur 02 June 2020 18:50 WIB

Satuan Polairud Banyuwangi memberikan bantuan kepada belasan nelayan Dusun Tratas, Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Selasa 2 Juni 2020. Nelayan penerima bantuan ini merupakan warga yang luput dari skema bantuan yang telah diluncurkan pemerintah.

"Mereka ini sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Makanya kami berikan bantuan," kata Kasatpolair Banyuwangi, AKP Sudarsono,

Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti beras, minyak goreng, dan mi instan. Bantuan diberikan langsung kepada warga di rumahnya masing-masing untuk menghindari kerumunan warga. Ada juga yang diserahkan pada nelayan yang kebetulan sedang memperbaiki perahunya.

Sudarsono menyatakan, pihaknya mendapatkan informasi sejumlah nelayan mengeluh tidak bisa melaut karena cuaca yang sedang tidak bersahabat. Informasi yang diterimanya, sejumlah nelayan ini juga sama sekali belum menerima bantuan dari pemerintah.

"Kami koordinasi dengan Kepala Desa dan RT setempat untuk pendataan warga yang sama tidak mendapatkan bantuan. Selanjutnya kami berikan bantuan berupa sembako," jelasnya.

Pengakuan Hadijah, 60 tahun, dirinya sama sekali tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dia mengaku senang ada pihak yang peduli dan memberikan bantuan. "Selama musim corona, baru kali ini saya mendapatkan bantuan," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Susana, 53 tahun. Selama ini penghasilan dari melaut tidak menentu. Kadang dapat ikan kadang-kadang juga tidak dapat. "Kalau dikasih bantuan seperti ini senangnya luar biasa," ujarnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 23:15 WIB

Tol Manado-Bitung Diresmikan, Sulut Akan Berkembang Cepat

Nasional

Peresmian dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehata.

29 Sep 2020 22:58 WIB

Viral, Musala di Tangerang Dirusak Al Quran Dicoret

Reportase

Coretan berisi kallimat ujaran kebencian.

29 Sep 2020 22:30 WIB

Disambati Petani, Calon Bupati Kediri Janjikan BPJS

Pilkada

Cabup Kediri disambati harga sayur anjlok di masa pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...