Ilustrasi (foto: google)
Ilustrasi (foto: google)

Pendonor Sedikit, Stok Plasma Convalescent di PMI Surabaya Habis

Ngopibareng.id Kesehatan 20 November 2020 18:53 WIB

Sejak empat hari lalu stok plasma convalescent kosong di PMI Kota Surabaya. Plasma Convalescent merupakan plasma darah yang diambil dari pasien sembuh dari Covid-19.

"Sudah kosong kurang lebih sejak tiga atau empat hari lalu. Tapi, hari ini sudah ada satu pendonor mungkin nanti sore menyusul," kata Kepala Humas UTD PMI Kota Surabaya, Triksi Hendria, Jumat, 20 November 2020.

Triksi menambahkan, pada bulan November ini permintaan plasma convalescent di PMI Surabaya naik. Sementara, jumlah pendonor menurun.

"Bila dibandingkan bulan Oktober permintaan plasma convalescent meningkat hingga empat kantong per hari. Bulan Oktober rata-rata permintaan 11 kantong per hari, lalu bulan November naik menjadi 15 kantong per hari," jelas Triki.

Sementara, jumlah pendonor yang mau menyumbang plasma tidak banyak. Sehingga menyebabkan stok plasma convalescentnya beberapa hari ini kosong di PMI Surabaya.

Tambahnya, permintaan plasma convalescent ini juga tidak hanya dari Surabaya saja. Melainkan kabupaten dan kota lain di Jawa Timur yang mengajukan permintaan darah plasma convalescent ini.

Triksi menjelaskan, jika ada plasma convalescent masuk hari itu, pihaknya akan segera mengirim kepada pasien Covid-19 yang membutuhkan.

Saat kehabisan stok seperti saat ini pun, PMI tak tinggal diam. Beberapa cara sudah dilakukan, mulai dari sosialisasi sampai menjemput bola ke pasien Covid-19 yang sembuh untuk bersedia menjadi pendonor.

"Kita sudah lakukan berbagai sosialisasi seperti di media sosial. Kita menjemput bola juga. Dari data yang sudah kita peroleh, kita jemput bola pada orang yang sudah sembuh covid kita arahkan untuk donor darah plasma," tandasnya.

Data dari PMI Surabaya, sejak awal Juli 2020 hingga hari ini sudah ada 368 pendonor plasma convalescent di PMI Surabaya. Namun, untuk saat ini stok plasma convalescent sedang kosong dan membutuhkan donor dari pasien Covid-19 yang berhasil sembuh.

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 13:43 WIB

Putuskan Tunangan Pakai Bogem Mentah, Pria Banyuwangi Dipolisikan

Kriminalitas

Warga Gambiran itu kini terancam penjara

22 Jan 2021 13:28 WIB

Utang Pemerintah Tembus Rp 6.000 Triliun

Nasional

Fakta utang pemerintah tembus Rp 6.000 triliun.

22 Jan 2021 13:15 WIB

KNKT Sebut Dugaan Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182

Nasional

Sistem throttle otomatisnya diduga bermasalah sebelum pesawat terbang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...