CT Scan 128 slide yang dimiliki AHCC. (Foto: Dok. AHCC)

Planning Radiasi Lebih Detail dengan CT Scan 128 Slide

RS Adi Husada 13 November 2019 13:38 WIB
RS Adi Husada Cancer Center

Treatment Planning System atau Sistim Perencanaan Radiasi merupakan suatu proses yang sistematik dalam membuat rencana strategi terapi radiasi.

Salah satu dari tahap Treatment Planning System yang dilakukan ialah CT Simulator. Fungsinya untuk mengetahui letak tumor secara pasti, agar saat tindakan radiasi bisa mencapai target dengan presisi dan akurasi.

Untuk tindakan CT Simulator di layanan kanker, Adi Husada Cancer Center (AHCC) yang berada dibawah naungan RS Adi Husada, menggunakan alat CT Scan 128 slide.

Menurut Achmad Haries Firmansyah, Fisikawan Medis AHCC, CT Scan 128 slide mempunyai keunggulan dari alat CT Scan biasanya.

"Alat ini memiliki irisan yang lebih tipis untuk mengambil gambar. Karena sampai 128 slide. Sehingga bagian organ pasien akan lebih terlihat dengan jelas dan detail," ungkap Achmad Haries kepada Ngopibareng.id

Haries mencontohkan, misalnya di area bola mata yang ukuranya 2 centimeter saat CT Scan dengan ukuran 1 centimeter hanya dua gambar yang diperoleh. Berbeda ketika dilakukan CT Scan dengan ukuran 0.5 centimeter akan diperoleh 4 gambar.

"Empat gambar yang diperoleh ini akan menerjemahkan kondisi mata lebih detail dari yang dua gambar. Begitupula dengan tumor semakin irisannya lebih tipis, gambar yang dihasilkan juga lebih detail," terangnya.

Selain digunakan untuk CT simulator, alat CT scan 128 slide juga bisa dilakukan untuk mendiagnosa suatu penyakit.

"Tinggal disesuaikan saja apa kebutuhannya untuk radiologi (diagnosa), atau untuk radioterapi (terapi/ CT simulator sebelum tindakan radiasi)," imbuhnya.

Dengan kecanggihan dan keungulan alat di AHCC, proses CT simulator sebelum tindakan radiasi akan lebih detail. Sehingga ketika terapi radiasi berlangsung, sinar radiasi akan lebih banyak di area tumor, dan akan lebih diminimalisir di area organ tubuh yang lain.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Apr 2020 15:48 WIB

Mengenal Proses CT Simulator, Membuat Radioterapi Berjalan Lancar

RS Adi Husada

CT Simulator ini merupakan perencanaan 3D sebelum melakukan radioterapi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...