PKB Siapkan Kadernya untuk Calon Bupati Tuban

11 Jun 2019 12:41 Politik

DPW Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur akan menyiapkan kader internal sebagai calon Bupati Tuban untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020.

“Kami akan 'memberangkatkan' calon di Pilkada Tuban, tapi masih menunggu dan melihat perkembangannya dulu,” ujar Wakil Ketua DPW PKB Jatim Hikmah Bafaqih ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Selasa.

Meski menjadi salah satu yang diprioritaskan, namun ia menegaskan bahwa calon di luar kader juga tidak menutup kemungkinan akan didukung, bahkan diusung.

Terlebih, kata dia, penentuan calon kepala daerah mengacu pada ketentuan dan mekanisme yang berlaku di internal partai.

“Bahkan, mungkin saja partai membentuk desk pilkada untuk menghadapi pesta demokrasi serentak tahun depan,” ucap politikus wanita yang namanya lolos sebagai anggota DPRD Jatim periode 2019-2024 tersebut.

Di Tuban, PKB tercatat sebagai pemenang dalam Pemilihan Legislatif 2019 dengan raihan 16 kursi di legislatif, atau bertambah dua kursi dibandingkan periode 2014-2019 yang mendapat 14 kursi.

Sementara itu, sejumlah nama mulai muncul meramaikan bursa calon Bupati Tuban, antara lain Wakil Bupati Noor Nahar Faridzky hingga putra mantan bupati.

Nama lainnya yaitu mantan staf khusus Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Menristekdikti, Lukmanul Hakim, yang saat ini telah memiliki relawan pemenangan yang diketuai M Fuadi Luthfi.

Menurut Fuadi, PKB diuntungkan jika mengusung Lukmanul Hakim yang sekarang duduk sebagai anggota DPR RI dari PKB.

“Terlebih partai bisa mengusung sendiri tanpa koalisi, tapi bisa juga berkoalisi dengan partai lain untuk membangun harmonisasi,” katanya. (an/ar)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini