Fattah Jasin saat mendaftar ke PKB. (Foto: Istimewa)

PKB Resmi Usung Fattah Jasin di Pilkada Sumenep

Pilkada 17 April 2020 16:50 WIB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya mengeluarkan rekomendasi kepada Dr RB Fattah Jasin sebagai Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Sumenep 2020-2025.

Rekomendasi yang ditanda-tangani Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Riza diterima Fattah Jasin Minggu 12 April 2020 lalu. Dalam rekomendasinya PKB memberi mandat kepada FJ untuk melakukan lobi politik dengan partai partai yang akan berkoalisi.

Disamping itu, FJ perlu melakukan komunikasi intensif dengan DPW PKB Jatim serta DPC PKB Kabupaten Sumenep untuk menetapkan siapa figur yang akan mendampinginya sebagai Calon Wakil Bupati. "Keputusan siapa yang akan mendampingi saya sebagai Cawabup akan dibicarakan dengan partai-partai koalisi," kata Gus Acing sapaan akrab FJ yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Bakorwil Madura yang berkedudukan di Pamekasan.

Seperti diberitakan, selain PKB, FJ juga telah mendaftar ke Partai Persatuan Pembangun (PPP) dan Partai Demokrat (PD) Sumenep.

Ketua DPC PKB Sumenep KH. Imam Hasyim, juga mengatakan, banyak pilihan para calon wakil bupati yang akan mendampingi RB. Fattah Jasin.

Dengan perolehan 10 kursi di DPRD Sumenep, PKB sudah bisa mengajukan calon Cabup dan Cawabup Sumenep. "Namun PKB tetap ingin mengajak partai partai lain untuk berkoalisi," kata KH Imam Hasyim Ketua DPC PKB Sumenep.

Sekertaris DPW PKB Jatim Badrut Tamam yang menyerahkan rekomendasi di Kantor DPC PKB Sumenep mengingatkan Cabup FJ, bahwa PKB dalam beberapa kali Pilkada Sumenep selalu menang. "Dan Pilkada 2020 ini PKB tetap bertekad untuk memenangkan pertarungan," tegas Badrut Tamam yang juga Bupati Pamekasan itu.

Calon Wakil Bupati

Siapa yang akan mendampingi Fattah Jasin sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup)? Ketua DPC PKB KH Imam Hasyim mengatakan ada beberapa alternatif. "Ada sejumlah figur yang mumpuni. Misalnya KH Mohammad Shalahuddin Warist (Ra Mamak), Ketua DPC PPP Sumenep) atau Khairul Anwar dari PAN," ujar Kiai Imam Hasyim.

Fattah Jasin yang merupakan birokrat senior Pemprov Jatim, harus didampingi figur yang berlatar belakang pesantren. Ra Mamak dinilai merupakan alternatif pertama. Disamping sebagai Ketua DPC PPP, Ra Mamak juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-guluk Sumenep.

Namun menurut Ir H. Khalis Esbe pebisnis sukses asal Prenduan Sumenep, seandainya Ra Mamak tidak bersedia menjadi Cawabup, maka pilihan yang paling rasional adalah menggandeng Ketua DPC PKB KH Imam Hasyim. "Bagi masyarakat Sumenep figur kiai masih menjadi magnet, dan Kiai Imam Hasyim saya yakin layak untuk Cawabup," katanya.

Bagi Masker
Sementara itu, Jumat, 17 April 2020 pagi, Cabup Fattah Jasin membagi-bagi masker di lingkungan Masjid Agung Sumenep. Disamping Abang Becak, juga pengendara sepeda motor berhenti untuk menerima masker.

"Kabupaten Sumenep yang masih masuk area hijau di Jatim, perlu mendisiplinkan warga untuk selalu menggunakan masker bila keluar rumah," kata Gus Acing.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 01:30 WIB

DPRD Surabaya Setuju New Normal Diterapkan di Kota Pahlawan

Surabaya

Awi mengatakan, itu akan kembali menghidupkan lini masyarakat

29 May 2020 01:30 WIB

Petisi Tunda Masuk Sekolah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua khawatir anak-anaknya akan tertular virus corona jika sekolah lagi

29 May 2020 01:15 WIB

Berawal Lupa Ultah Pernikahan, Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee Cerai

ngopiK-pop

Jo Yoon Hee telah mengurus perceraiannya dengan Lee Dong Gun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.