Ruas jalan tol Surabaya-Gempol yang longsor dan ambles. (Foto: Istimewa)
Ruas jalan tol Surabaya-Gempol yang longsor dan ambles. (Foto: Istimewa)

Belum Tahu Kapan Selesai, PJR Masih Tutup Tol untuk Truk

Ngopibareng.id Jawa Timur 28 January 2021 21:48 WIB

Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Polda Jawa Timur menutup akses Tol Surabaya-Gempol untuk kendaraan golongan III atau truk besar. Alasannya, di lokasi longsor jalur A Km 06+200 masih berstatus rawan dan juga saat ini masih dalam musim hujan.

"Oleh sebab itu, penutupan jalan diberlakukan oleh Satuan PJR Polda Jatim," kata Kepala Unit PJR Tol Jatim 2 Iptu Roni Faslah, Kamis 28 Januari 2021.

Untuk kendaraan golongan I atau mobil kecil dan sejenisnya, akses tol tetap dibuka dengan pembatasan-pembatasan. Sedangkan kendaraan golongan II atau truk sedang (2 gandar) aksesnya dialihkan karena kondisi masih belum aman.

"Bila sudah dinyatakan aman, baru akan kami buka, sebab saat ini ruas jalan yang mengalami longsor sedang dalam perbaikan," katanya.

Roni mengatakan saat ini di lokasi badan jalan yang longsor, beberapa tim ahli sedang melakukan perbaikan dan belum dipastikan kapan rampung untuk membuka kembali lajur tersebut.

"Sebab, dari tim ahli masih melakukan perbaikan. Kalau memungkinkan, ya kami buka. Tapi, saat ini kami menunggu dari tim ITS," katanya.

Ia berharap perbaikan bisa segera selesai agar aktivitas normal kembali. Sebab jalur itu sangat vital untuk lalu-lintas dari Surabaya menuju ke Sidoarjo, Pasuruan, dan Malang, serta daerah lain yang searah.

Saat ini di lokasi badan jalan yang longsor sedang dilakukan pemadatan tanah di lereng, kemudian disusul pemasangan geobag di kaki timbunan dan pembuatan DPT dari batu kapur, demikian Roni Faslah.

Seiring penutupan akses tol tersebut, truk-truk besar seperti kontainer dan dump truk untuk sementara diperbolehkan melewati sejumlah jalan di dalam Kota Surabaya hingga menimbulkan kemacetan pada beberapa titik lokasi.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 00:10 WIB

BPBD Beberkan Penyebab Longsor di Payung Kota Batu

Bencana

Kendaraan berat tak boleh lewat selama masa perbaikan.

27 Feb 2021 23:57 WIB

500 Orang Ikuti Donor Plasma Yayasan Wings di Grand City

Surabaya

Mereka penyintas covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh

27 Feb 2021 23:46 WIB

Puncak Harlah NU, Presiden: Persaudaraan Modal Ketangguhan Bangsa

Nasional

Presiden juga meminta kepada ulama untuk bantu sukseskan program vaksinasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...