Kamala Harris (Ngopibareng.id)

Pilpres AS, Kamala Harris Pikat Donatur untuk Biden

Internasional 14 August 2020 01:32 WIB

Joe Biden mengumumkan Kamala Harris sebagai pendampingnya dalam Pemilihan Presiden di Amerika Serikat. Setelah 24 jam diumumkan, Kamala sukses memikat donator baru untuk menyumbang dana kampanye kubunya, dengan meraup USD26 juta atau sekitar Rp385 miliar rupiah.

Tambahan dana yang mengalir setelah Kamala Harris bergabung di kubu Biden membuat anggaran kampanye yang selama ini ada di belakang kubu Donald Trump mulai merangkak naik. Pada Juli lalu, anggaran dana kampanye Donald Trump mampu meraup USD30 juta sehingga menambah rekening kampanye mencapai USD165 juta, mengungguli raihan anggaran kampanye Biden sebesar USD140 juta.

Selama penggalangan dana, Biden menyebut jika terdapat 150 ribu donor yang baru saja bergabung. "Sangat jelas terlihat gregetnya, karena sangat banyak yang dipertaruhkan," katanya.

Penggalangan dana meningkat tajam mengikuti penampilan perdana pasangan Joe Biden dan Kamala Harris di kampanye bersama di Wilmington, Delaware, pada Rabu lalu. Di atas panggung, Harris menyebut jika Donald Trump menyebabkan masyarakat Amerika Serikat ada dalam kondisi kacau lantaran kegagalannya mengatasi pandemi Covid-19. "Kita punya presiden yang lebih peduli pada dirinya sendiri, dibanding orang-orang yang memilihnya," katanya.

Sementara sebelumnya, Donald Trump sempat mengeluarkan pernyataan seksis kepada Kamala Harris dalam persidangan kasus Hakim Brett Kavanaugh, dengan menyebut Harris sebagai "luar biasa jahat,".

Munculnya Kamala Harris di Pilpres AS sendiri dianggap sebagai momen yang luar biasa. Kamala Harris menjadi satu-satunya calon wakil presiden perempuan pertama di Amerika Serikat, sejak negara itu menyatakan merdeka dari Inggris. Tak hanya itu, Kamala Harris juga menjadi warga kulit hitam sekaligus keturunan Indian pertama, yang maju sebagai Wakil Presiden Negara Adi Daya tersebut.

Sebelum digandeng Biden, Kamala Harris dikenal sebagai pengacara dan senator dari Demokrat untuk Negara Bagian California. Ia juga sempat menjabat sebagai Jaksa Agung di California. (Tgr)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...