Pasangan pengantin baru dr Fihzan dan dr Sartika turun dari helikopter milik Polri di lapangan Haji Adam Malik, Pematang Siantar, Sumut, Minggu 25 Februari 2018 lalu. (foto: dok.ant)

Pilot Helikopter Polri yang Mengangkut Pengantin Diperiksa Mabes Polri

07 Mar 2018 18:06

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Iptu Togu, oknum pilot helikopter milik Polri yang mengangkut pengantin dr Fihzan dan dr Sartika, di Lapangan Haji Adam Malik, Pematang Siantar, ditarik ke Mabes Polri untuk diperiksa lebih lanjut.

"Dengan kejadian ini, maka pilot sudah ditarik ke Mabes untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Jakarta, Rabu 7 Maret 2018.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut guna mengetahui pelanggaran yang dilakukan Iptu Togu dalam penggunaan fasilitas kedinasan.

"Apakah dia melanggar kode etik atau pidana. Karena itu kan penggunaan fasilitas kedinasan yang tidak tepat," katanya.

Terkait aliran uang biaya sewa heli, Setyo mengatakan hal tersebut masih ditelusuri oleh tim Polda Sumut yang terdiri atas Kabid Propam, Karo Ops, dan Irwasda.

"Masih didalami," katanya.

Pilot T merupakan anggota polisi organik di Ditpol Udara Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri yang diperbantukan (BKO) di Polda Sumut. Pemeriksaan dilakukan di Jakarta karena Togu merupakan anggota di Ditpolairud Baharkam.
   
Sebelumnya video yang menampilkan pasangan pengantin turun dari helikopter mirip dengan milik Polri di Lapangan Adam Malik Kota Pematang Siantar, membuat heboh. Helikopter dinas milik negara itu, dipergunakan orang yang bukan personel Polri, dengan sewa Rp 120 juta.

Video tersebut direkam oleh warga dan diunggah ke Facebook  pada Minggu 25 Februari 2018. Dalam video itu tampak satu helikopter mirip milik Polri mendarat di Lapangan Adam Malik Pematang Siantar, Sumatera Utara. (arr)