Dari kiri Fattah Jasin, Achmad Iskandar dan Imam Utomo, mantan Gubernur Jawa Timur. (Foto:Istimewa)
Dari kiri Fattah Jasin, Achmad Iskandar dan Imam Utomo, mantan Gubernur Jawa Timur. (Foto:Istimewa)

Pilkada Sumenep, Partai Demokrat Siap Usung Fattah Jasin

Ngopibareng.id Jawa Timur 15 February 2020 13:05 WIB

Pencalonan Dr RB Fattah Jasin di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumenep direspon positif oleh Partai Demokrat (PD). 

Wakil Ketua DPD PD Jatim H. Achmad Iskandar menyebutkan, Fattah Jasin sudah memenuhi syarat minimal. "Dalam Pilkada Sumenep Partai Demokrat akan memberi dukungan kepada Pak Fattah Jasin," kata Achmad Iskandar ditemui seusai sholat Subuh di Masjid Nurul Iman Margorejo Indah, Sabtu 15 Februari 2020 pagi tadi.

Namun demikian menurut Iskandar, partainya menunggu sinyal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai pengusung utama.

"Kita harus jujur mengakui, bahwa PKB memiliki basis yang sangat kuat di Madura, termasuk di Sumenep," ujar mantan pejabat birokrat di Pemprov Jatim itu.

Sehingga siapa pun yang diusung PKB akan memiliki peluang untuk memenangkan Pemilihan Bupati Sumenep. Partai Demokrat yang masuk dalam peringkat empat besar partai politik di Jawa Timur memilik tujuh kursi di DPRD Kabupaten Sumenep di bawah PKB yang memperoleh 10 kursi.

Iskandar merasa optimistis, apabila koalisi PKB-PD bisa terjalin, maka peluang untuk memenangkan Pilgub Sumenep sangat terbuka.

Saat Pilgub lima tahun lalu, Partai Demokrat mengusung calon sendiri yakni Zainal Abidin berhadapan dengan calon yang diusung PKB hanya kalah 6000 suara. "Sehingga bila koalisi PKB-PD bisa diwujudkan, Insya Allah peluangnya semakin besar," tambahnya.

Sementara itu, saat bersalaman dengan Iskandar yang kolega lamanya di Pemprov Jatim, Fattah Jasin mengatakan, "Kalau di sini (masjid) saya cuma barista, bukan Cabup," kata Fattah Jasin.Barista adalah penyeduh kopi profesional.

Sudah hampir 20 tahun ini, Fattah Jasin istiqomah mengikuti komunitas subuh berjamaah di Masjid Nurul Iman, yang pembinanya mantan Gubernur Jatim Imam Utomo. Dan sejak itu pula, dia selalu membuat kopi untuk dinikmati para jemaah.

Meskipun begitu, setelah selesai ngopi, Imam Utomo, Fattah Jasin dan Iskandar terlibat dalam obrolan serius.

Iskandar berharap, Fattah Jasin tak boleh lengah, sebab lawan yang dihadapi yaitu Achmad Fauzi (Wakil Bupati Sumenep) yang diusung PDIP dan koalisi beberapa partai merupakan calon incumbent.

"Jadi saya berharap, Pak Fattah harus sesering mungkin turun langsung ke masyarakat," kata Iskandar.

Sementara itu, Fattah Jasin mengatakan, secara informal dukungan datang dari berbagai komunitas di Sumenep. "Setiap akhir pekan saya sempatkan untuk menyapa warga di Sumenep," ujarnya.

Dari kantor Bakorwil di Kota Pamekasan hanya berjarak sekitar 30an kilometer.

Mantan Ketua Partai Golkar Jatim Ridwan Hisyam yang juga Anggota DPR-RI mengatakan keluarga besar istrinya Hj. RA Nunung Ridwan yang asli Sumenep telah menyatakan dukungan kepada Fattah Jasin.

"Belum lama ini keluarga besar istri di Sumenep bikin acara pertemuan keluarga, Fattah Jasin juga diundang," kata Tato, panggilan akrab Ridwan Hisjam, saat ditemui di kediamannya Jln. Jemursari Surabaya, Kamis 13 Februari malam lalu.

"Sekarang masih bersifat sporadis, nanti kalau sudah deklarasi kunjungan ke Sumenep akan semakin intens," demikian Fattah Jasin yang di Sumenep biasa disapa dengan Gus Acing.

Penulis : Riadi

Editor : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Jan 2021 11:26 WIB

Narasi Kebencian Masa Pendemi (4): Berharap ke NU-Muhammadiyah

Ahmad Zaini

Wujudkan ormas representasi Islam moderat di Indonesia

20 Jan 2021 11:15 WIB

Komjen Listyo: Tidak Ada Lagi Anak Melaporkan Ibunya Diproses

Nasional

Listyo Sigit mengatakan Polri ke depan harus tajam ke atas bukan ke bawah.

20 Jan 2021 10:59 WIB

Maklumat Harian Umum Suara Pembaruan Berhenti Terbit

Ekonomi dan Bisnis

Maklumat pemberitahuan berhenti terbitnya Suara Pembaruan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...