Calon Gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri acara Rakerwil Gema Keadilan Jatim di Gedung Juang 45, Surabaya, Minggu 18 Maret 2018. (Foto: Istimewa)
Calon Gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri acara Rakerwil Gema Keadilan Jatim di Gedung Juang 45, Surabaya, Minggu 18 Maret 2018. (Foto: Istimewa)

Pilgub Jatim, Pertarungan Demokrat Melawan PDIP

Ngopibareng.id Jawa Timur 19 March 2018 10:30 WIB

Sejumlah lembaga telah merilis hasil survei terkait Pilgub Jawa Timur. Pertarungan antara dua kandidat berlangsung ketat. Temuan lembaga survei kredibel ada yang memenangkan duet Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno. Tapi ada pula lembaga yang menghasilkan temuan lain, yaitu memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Haryadi, mengatakan, dari hasil survei terlihat partai-partai pendukung terus bekerja keras menyolidkan dukungan.

"Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh parpol. Ini seru,” ujar Haryadi.

Dari survei Litbang Kompas, pendukung PAN yang solid ke Khofifah mencapai 78,1 persen, Golkar sebesar 44,7 persen dan Demokrat 41,4 persen. Sedangkan pendukung PDIP yang terkonsolidasi ke Gus Ipul-Puti sebesar 45,4 persen; dan PKB sebesar 47,5 persen.

Adapun hasil survei Poltracking, Demokrat solid mendukung pasangan Khofifah-Emil dengan 78 persen. Untuk PDIP, 54,3 persen kadernya di Jatim solid memilih Gus Ipul-Puti. Adapun PKB solid sebesar 50,5 persen.

Haryadi mengungkapkan, dengan melihat posisi strategis Jatim sebagai kantung pemilih terbesar kedua di Indonesia setelah Jabar, pertarungan di Pilgub Jatim bukan hanya rivalitas Khofifah melawan Gus Ipul.
Rivalitas sesungguhnya terjadi terutama antara Partai Demokrat melawan PDIP-PKB.

"Jatim adalah basis PDIP dan PKB, dan kedua partai itu perlu bekerja keras memastikan kesolidan dukungan ke Gus Ipul-Puti," imbuhnya.

Rivalitas antarpartai juga semakin menguat lantaran Pilgub Jatim berjalan satu rangkaian dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Seperti diketahui, Demokrat telah mewacanakan untuk memajukan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilpres 2019. Adapun PDIP telah mendeklarasikan Joko Widodo untuk maju kembali dalam Pilpres.

“Tentu sangat menarik mencermati kinerja partai dalam menyolidkan diri di Pilgub Jatim ini,” ujar Haryadi. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 14:45 WIB

BI Prediksi November 2020 Kota Malang akan Alami Inflasi

Ekonomi dan Bisnis

Perkirakan inflasi di bawah angka 1 persen.

28 Nov 2020 09:27 WIB

KH Nawawi Sidogiri Tulis Maklumat Coblos Gus Ipul

Pilkada

KH Nawawi minta alumni santri dan Warga Kota Pasuruan coblos Gus Ipul.

26 Nov 2020 17:15 WIB

Unggul Survei SMRC, Eri: Alhamdulillah Ini Buah Kerja Keras

Pilkada

Ia tak mau jumawa meski unggul jauh

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...