Phil Foden Disarankan Tinggalkan Man City Bila Ingin Berkembang

12 Sep 2019 21:18 Liga Inggris

Phil Foden hanya mendapatkan sedikit menit bermain dari pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Minimnya kesempatan untuk bintang Timnas Inggris U-21 ini membuat mantan striker West Ham dan Everton Tony Cottee khawatir potensi sang pemain tak berkembang. Cottee pun menyarankan Foden untuk meninggalkan Manchester City agar bakat besarnya terasah.

Pemain berusia 19 tahun itu hanya diberikan sekitar 10 menit bermain oleh Guardiola di musim ini. Bagi Cottee kurangnya menit bermain akan merusak perkembangannya sebagai pemain dan peluangnya untuk masuk ke Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate.

"Saya benar-benar frustrasi dengan Phil Foden," kata Cottee kepada talkSPORT.

“Jika Anda duduk di bangku cadangan, ya orang akan mengatakan ia berlatih dengan tim utama, tetapi itu tidak sama dengan bermain.”

“Anda harus mendapatkan waktu dan pengalaman bermain (lebih banyak). Dia harus bermain, ini adalah musim yang besar baginya, dan dia tidak bermain,” keluh Cottee

Selama jeda internasional, Foden mencetak dua gol bagi Inggris U-21 saat mereka mengalahkan Kosovo dalam pertandingan kualifikasi Euro 2021.

Bakat gelandang serang itu dipertunjukkan saat ia tetap bisa mencetak gol meski tidak dalam posisi ideal saat menerima umpan. Setelah pertandingan, ia menjelaskan betapa pentingnya untuk mendapatkan kesempatan bermain selama 90 menit penuh.

Phil Foden pemain muda berbakat yang dimiliki Inggris saat ini. Pemain yang beroperasi di sektor gelandang serang ini

“Anak muda (Bobby Duncan) baru saja meninggalkan Liverpool karena dia ingin bermain sepak bola. Anak-anak muda ini harus bermain, mereka harus belajar (untuk bermain di level tertinggi) dan Foden tidak (bisa) mempelajarinya dari bangku cadangan.”

“Dia berusia 19 tahun sekarang, dan kariermu berjalan sangat cepat. Anda harus berada di tim utama dan Anda harus bermain,” ujar Cottee menyarankan.

“Saya mengerti itu tim yang hebat dan siapa yang dia gantikan, saya mengerti itu, tapi dia adalah bakat yang luar biasa.”

“Saya pikir Foden mendapat tempat di Timnas Inggris. Kami berbicara tentang keseimbangan lini tengah itu dan membutuhkan pemain kreatif, dan itu adalah Foden. Dia bakat luar biasa dan kami membutuhkannya di Timnas Inggris.”

"Tapi sayangnya dia tidak bermain (di Manchester City). Dia tidak akan masuk ke dalamnya," sesalnya.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini