Dua mobil water cannon milik kepolisian yang telah dipersiapkan untuk penyemprotan disinfektan (Andhi Dwi/Ngopibareng)
Dua mobil water cannon milik kepolisian yang telah dipersiapkan untuk penyemprotan disinfektan (Andhi Dwi/Ngopibareng)

Petugas Semprot Jalan di Surabaya Pakai Water Cannon

Ngopibareng.id Surabaya 27 March 2020 23:20 WIB

Petugas gabungan dari Provinsi Jatim dan Kota Surabaya menyemprot cairan disinfektan di sejumlah ruang jalan di Kota Surabaya. Mereka juga mengguyur pengendara motor yang melintas di jalan yang sedang disemprot disinfektan. Kepada pengendara, petugas mengimbau agar selalu menjaga jarak fisik dengan individu lain, dan mengurangi ke luar rumah.

Hasil dari pantauan reporter Ngopibareng.id di lapangan, persiapan penyemprotan disinfektan tersebut, diawali di Jalan Darmo,Surabaya. Tepatnya di sisi barat, ruas jalan dari depan Taman Mayangkara.

Di jalan tersebut, terlihat lebih dari 100 aparat keamanan daerah yang tengah bersiap untuk keberangkatan. Selain itu juga telah berjajar rapi, sejumlah mobil dinas, serta dua mobil water cannon yang biasanya dikeluarkan kepolisian untuk mengurai demonstran, di kedua ruas.

“Gabungan ini, ada dari Polsek, Polrestabes (Surabaya), Polda (Jatim), ada juga (BPB) Linmas, Dishub juga ikut. Kalau water cannon ada dua mobil, satu lagi ada di markas (Polda Jatim),” kata Soetomo, salah satu petugas ketika diminta konfirmasi, Jumat, 27 Maret 2020.

Soetomo menambahkan, ketiga mobil water cannon tersebut bakal menyemprotkan cairan disinfektan ke sepanjang jalan Kota Surabaya dan akan berakhir di pusat kota.

"Rencananya ke arah Jalan Tunjungan. Mungkin nanti ada tambahan rute, tapi yang pasti dari polda sampai pusat kota," ucapnya.

Selain melakukan persiapan keberangkatan water cannon penyiram cairan disinfektan, terpantau juga salah satu anggota dari Polsek Wonokromo, tengah menyemprot beberapa pengguna jalan yang tengah melintas.

Anggota yang bernama Bripka Devid tersebut, terlihat menguyur setiap pengendara motor yang dengan sengaja, melewati titik berdirinya. Yakni di bawah lampu merah Jalan Darmo, dari arah Jalan Diponegoro.

Tak ketinggalan pula, disamping Bripka Devid, ada satu lagi anggota kepolisian yang juga tengah bertugas. Ia tak ikut menghujani cairan disinfektan ke masyarakat, namun lebih cenderung menginformasikan perihal physical distancing.

Petugas yang bernama Saleh, selaku Kanit Sabhara Polsek Wonokromo tersebut berpesan kepada pengendara yang tengah melintas, agar menjaga jarak dengan orang lain, di tengah pandemi covid-19.

Terdengar Saleh juga mengingatkan para pengguna jalan, untuk segera pulang ke rumah masing-masing. Selain itu, ia mengimbau agar masyarakat untuk sementara tidak berkumpul di keramaian.

“Langsung pulang, jangan mampir-mampir yah. Jangan keluar rumah kalau tidak terlalu penting,” tutur Saleh, kepada pengendara.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 07:01 WIB

Dunia Bagai Gunung Bersalju, Pesan Kiai Husein Muhammad

Islam Sehari-hari

Cara pandang orang-orang tasawuf

25 Jan 2021 06:44 WIB

Menolak Piagam Islam, Ini Sikap Tiga Kelompok Muslim Prancis

Internasional

Dianggap berisiko "melemahkan ikatan kepercayaan"

25 Jan 2021 06:13 WIB

Tolak Jam Malam, Kerusuhan di Belanda Berujung Penjarahan

Internasional

Aksi massa di alun-alun, pusat kota Amsterdam

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...