Api membakar hutan seluas 2 hektar lahan Perhutani BKPH Ponorogo Barat tepatnya di petak 30B RPH Krebet, Kecamatan Jambon, Ponorogo, Jatim, Selasa, 19 Juni 2018. (Foto: Istimewa)

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran Hutan di Ponorogo

20 Jun 2018 02:28

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Petugas gabungan dari personel TNI dan petugas Perhutani bersama warga memadamkan kebakaran hutan milik Perum Perhutani di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Pejabat penerangan Kodim Ponorogo, Serka Didik Kurniawan di Ponorogo, menuturkan kebakaran hutan terjadi di kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Krebet, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Barat.

"Hutan yang terbakar seluas dua hektare di wilayah Perhutani BKPH Ponorogo Barat, khususnya RPH Krebet di petak 30-B RPH Krebet," kata Didik, Selasa, 19 Juni 2018, malam.

Masyarakat yang mengetahui kebakaran itu, kata dia, bersama anggota TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan petugas Perhutani segera menuju ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Babinsa Sertu Juwono Babinsa Koramil Jambon bersama dua orang anggota dan dua orang petugas Perhutani serta sekitar 15 warga masyarakat melakukan pemadaman di lokasi kebakaran hutan," ujarnya.

Masih menurut Didik, pemadaman api dilakukan dengan cara membuat ilaran untuk melokalisir api agar tidak menjalar ke tempat lain.

"Petugas dan masyarakat melokalisir dengan cara membersihkan semak belukar guna menghentikan api yang membakar semak belukar," ucapnya.

Kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya tersebut berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 21.00 WIB. (frd/ant)