Fabio Quartararo. (Twitter/@FabioQ20)

Petronas Yamaha Ingin Quartararo Bertahan Andai Musim Ini Batal

MotoGP 07 April 2020 12:22 WIB

Jika seluruh musim MotoGP 2020 dibatalkan, tim Petronas Yamaha berharap Fabio Quartararo tetap berada di timnya pada MotoGP 2021 mendatang. Maklum, musim ini seharusnya menjadi balapan terakhir Fabio bersama tim satelit Yamaha itu.

Musim ini, balapan kuda besi itu harus mengalami penundaan karena pandemi virus corona. Sampai saat ini, belum diketahui sampai kapan balapan itu akan dimulai mengingat wabah itu tak juga mereda.      

Direktur Yamaha Petronas Razlan Razali berasumsi, jika skenario terburuk terjadi dan seluruh jadwal balapan musim ini dibatalkan, seharusnya pembalap Perancis itu tetap di Petronas.

"Kita perlu mendiskusikan apa yang terjadi jika balapan musim ini urung digelar. Kami ingin membuatnya batal dan memutar balapan 2020 pada 2021 mendatang dengan skuat yang sama dengan musim ini," katanya seperti dikutip dari Crash.

"Aku pikir itu adalah sesuatu yang akan kita perjuangkan."

Dengan skenario ini, Petronas Yamaha ingin kembali berjuang bersama Fabio di tahun terakhirnya sebelum bergabung dengan tim pabrikan Yamaha.

"Kami benar-benar menantikan tahun ini setelah apa yang dilakukan Fabio tahun lalu. Kami telah membuatnya menjadi motor spek pabrikan penuh seperti Rossi dan Vinales. Setidaknya, dia telah membuktikannya dengan sangat baik dalam tes pramusim lalu," terang Razali.

Namun jika skenario yang ia harapkan tak terwujud, ia ingin musim tetap diputar meski hanya dengan 10-13 balapan saja. Razlan pun menargetkan Fabio bisa memenangi beberapa balapan yang akan digulirkan.

Razali mengungkapkan, saat ini Petronas Yamaha sedang mencari pengganti Fabio di tahun 2021, dan sedang mempertimbangkan untuk mempertahankan rekan setimnya, Franco Morbidelli atau menggantinya dengan pembalap baru.

"Kami memiliki beberapa pengendara yang sedang kami awasi sekarang," katanya. 

"Jika Franco Morbidelli melakukannya dengan baik, dia bisa tetap bersama kami. Jika tidak, kami melihat Xavi Vierge dari tim Moto2 kami sendiri untuk melakukan sesuatu yang istimewa bersama kami. Selain itu, kami juga memiliki dua atau tiga pembalap yang kami pantau di Moto2."

Isu terbesar saat ini yang beredar adalah bergabungnya Valentino Rossi dengan Petronas Yamaha jika memutuskan untuk tetap melanjutkan kariernya di MotoGP. Meski Razali tetap menginginkan pembalap muda berbakat untuk memperkuat timnya musim depan.

"Prinsip kami masih tetap bahwa kami menginginkan pembalap muda dan berbakat," kata Razali. 

"Tetapi bagi kami prinsip kami adalah bahwa kami ingin mengembangkan pembalap muda. Kami memiliki pasangan dalam pikiran, termasuk Xavi Vierge."

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 20:33 WIB

Sebelum Izin Dicabut, Empat RHU Sudah Dipasang Garis Satpol PP

Surabaya

Beberapa RHU nekat buka, meski telah diberi garis Satpol PP.

26 Sep 2020 20:13 WIB

Deklarasi Kampanye Damai, Armuji: Saya Saksi, Surabaya Lebih Maju

Pilkada

Cawawali Surabaya nomor urut 1, Armuji menyebut Surabaya sekarang maju.

26 Sep 2020 19:04 WIB

Bapak Kerja Keras, Ibu Bercinta dengan Guru di Ruang Kelas

Jawa Timur

Ditinggal suami merantau, seorang perempuan di Tulungagung selingkuh.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...