Petisi Tunda Masuk Sekolah Selama Pandemi. (Foto: Change.org)

Petisi Tunda Masuk Sekolah Selama Pandemi

Pendidikan 29 May 2020 01:30 WIB

Pemerintah tengah mempersiapkan aktivitas belajar mengajar kembali ke sekolah di tengah pandemi corona atau Covid-19. Saat awal pandemi Covid-19, aktivitas belajar mengajar di sekolah ditiadakan, terutama di wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Proses belajar mengajar kemudian dilakukan secara daring hingga berakhirnya tahun ajaran 2019/2020. Sementara untuk tahun ajaran 2020-2021, pemerintah memperkirakan aktivitas belajar mengajar akan dimulai Juli 2020.

Sejumlah daerah, terutama di Jabodetabek, mempersiapkan aktivitas belajar mengajar bisa dilakukan di sekolah dengan pengaturan protokol kesehatan. Kabarnya, Pemprov DKI Jakarta menetapkan kegiatan belajar mengajar untuk semua tingkatan di wilayahnya dalam kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021 dimulai 13 Juli 2020.

Namun, rencana pemerintah untuk memulai aktivitas di sekolah menuai kritik para orangtua. Dikhawatirkan, para siswa tertular Covid-19.

Muncul petisi online di situs Change.org yang isinya meminta pemerintah, khususnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menunda tahun ajaran baru 2020/2021 bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah.

"Tunda Musuk Sekolah Selama Pandemi" telah ditandatangani lebih dari 57.965. Petisi ini dibuat oleh Watiek Ideo pada Selasa, 26 Mei 2020.

Dia khawatir dengan protokol kesehatan para siswa selama berada di sekolah. "Bisakah anak-anak memakai masker sepanjang waktu di sekolah?," demikian pertanyaan yang disampaikan dalam petisi tersebut.

"Bisakah kita menjamin anak-anak tidak memegang benda, mengucek mata, hingga menjaga jarak sejauh 1-2 meter antar siswa".

Sebagai orangtua murid, Watiek Ideo juga mempertanyakan fasilitas sekolah apakah sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai standar WHO.

Petisi yang sama juga dibuat oleh Hana Handoko. Petisi yang dibuat pada Kamis, 28 Mei 2020 itu sudah ditandatangani lebih dari 30.261 orang.

"Pengalaman adalah guru berharga, jika kita bisa belajar dari negara lain bahwa ternyata tidak aman untuk membuka kembali lingkungan sekolah ditengah pandemi Covid-19, alangkah baik dan bijaksana, jika pemerintah, khususnya menteri pendidikan, berpikir sebijaksana mungkin tentang dibukanya kembali tahun ajaran baru," tulis petisi tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jul 2020 07:45 WIB

Kemiskinan di Jatim Semakin Banyak dan Ibu Hamil mulai Diswab

Jawa Timur

Penduduk miskin di Jawa Timur semakin membludak.

16 Jul 2020 07:30 WIB

Kunci Jawaban SD Kelas 4-6: Operasi Hitung Pecahan

Pendidikan

Operasi Hitung Pecahan jadi materi belajar siswa SD kelas 4-6.

16 Jul 2020 07:21 WIB

Cahaya Ilahi di Hagia Sophia dan Blue Mosque di Turki

Khazanah

Jangan rusak kekayaan seni rupa dan arsitektur bernilai sejarah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...