Floyd Mayweather (kanan) siap membiayai pemakaman George Floyd (kiri) (Foto:Reuter/ngopibareng)

Petinju Mayweather Biayai Pemakaman George Floyd

Internasional 03 June 2020 12:35 WIB

George Floyd, warga AS kulit hitam yang tewas dicekik polisi Kota Minneapolis dengan lutut, akan dimakamkan Selasa 9 Juni mendatang. Pemakamannya pasti akan jadi pemakaman paling heboh di seluruh dunia.

Floyd Mayweather, antan juara tinju asal Amerika Serikat yang sejak awal menaruh simpati atas kematian George Floyd, akan menanggung biaya pemakamannya.

Informasi keinginan petinju tersebut disampaikan oleh kepala eksekutif Mayweather Promotions, Leonard Ellierbe kepada ESPN.

Ellierbe mengonfirmasi bahwa keluarga George Floyd telah menerima tawaran untuk pembiayaan layanan pemakaman.

"Mayweather mungkin akan marah kepada saya karena mengatakan ini. Tapi iya, Mayweather akan menanggung biaya pemakaman George Floyd," kata Ellierbe.

George Floyd tewas setelah seorang polisi Minneapolis berlutut di leher pria berusia 46 tahun itu selama hampir sembilan menit. Meski Floyd sudah memohon dan mengatakan bahwa ia tak bisa bernapas, polisi tak juga melepaskannya.

Hasil autopsi yang dirilis menunjukkan bahwa Floyd meninggal karena lehernya tercekik serta tekanan ke punggungnya juga telah menghentikan aliran oksigen ke paru-paru Floyd.

Floyd akan dimakamkan di kampung halamannya di Houston pada 9 Juni. Namun sebelum itu, keluarga akan melakukan upacara pemakaman di Minneapolis dan North Carolina.

Petugas polisi yang melakukan kekerasan tersebut, Derek Chauvin, didakwa melakukan pembunuhan tingkat tiga dan melakukan kelalaian yang berakibat pada wafatnya Floyd. (ant/rtr/afp)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

06 Jul 2020 06:09 WIB

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional

Beda yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI

06 Jul 2020 05:43 WIB

Ilmu Harus Tetap Ditulis, Ini Penjelasan Ulama Pesantren

Khazanah

Khazanah intelektual Islam menunjukkan kemajuan pemikiran

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...