Peter Mayhew Pemeran Chewbacca Tinggi 2,2 Meter, Bukan Gigantisme

03 May 2019 10:42 Film

Semesta Star Wars kaya akan makhluk-makhluk yang menggambarkan luasnya alam semesta. Dari semua makhluk, ada satu jenis yang ikonik dan kerap hadir di semua seri Star Wars.

Ya, dialah Chewbacca, sahabat seperjuangan Han Solo. Makhluk tinggi dan berbulu ini telah menemani Han Solo menjelajahi alam semesta Star Wars.

Chewbacca adalah alien dari jenis Wookiee. Nama Chewbacca berasal dari kata Rusia Sobaka yang berarti anjing. Di Star Wars episode IV: A New Hope (1977), Chewbacca diketahui berusia 200 tahun.

Awalnya, aktor pemeran Darth Vader, David Prowse, ditawari persan Chewbacca. Namun, dia menolaknya karena lebih tertantang dengan peran antagonis. Akhirnya, Peter Mayhew dipilih untuk memerankan Chewbacca karena tingginya mencapai 2,21 meter. Sosok Chewbacca yang diperankan Peter Mayhew tak tergantikan.

Peter Mayhew diketahui muncul di 'The Empires Strikes Back', 'Return of the Jedi', 'Revenge of the Sith', 'The Force Awakens' dan 'The Star Wars Holiday Special'. Ia aktif di konvensi Star Wars dan sempat pula menulis dua buku, masing-masing bertajuk 'Growing Up Giant' dan 'My Favorite Giant'.

Peter Mayhew 'ditemukan' oleh produser Charles H. Schneer ketika sedang bekerja di rumah sakit di London. Pria berdarah Inggris-Amerika itu membantah jika dirinya disebut mengalami gigantisme.

Peran sebagai Chewbacca dilakoni Peter Mayhew sejak 1977 sampai dengan 'The Force Awakens' (2015) sebelum memutuskan pensiun.

Peter Mayhew terpaksa memakai kursi roda kembali bangkit demi menunjukkan sosok Chewbacca sekali lagi dalam 'Star Wars: The Force Awakens'. Selanjutnya, ia menjadi konsultan dalam 'The Last Jedi' untuk membantu mengajari penggantinya, Joonas Suotamo, seorang bintang basket 'Finish', cara 'menjadi' Chewbacca yang amat ikonik.

Setelah sukses dengan perannya sebagai Chewbacca, Peter Mayhew mendirikan yayasan Peter Mayhew Foundation yang menyediakan dana bagi mereka yang membutuhkan, dan mendukung organisasi-organisasi non-profit seperti Wounded Warriors, Make-a-Wish dan The 501st Legion.

Kini, Peter Mayhew tutup usia. Pria 74 tahun ini meninggal di rumahnya, Texas Utara, pada 30 April 2019. Namun, keluarganya baru mengabarkan berita duka tersebut, pada hari ini, Jumat 3 Mei 2019. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini