Peta risiko Covid-19 dari Satgas Covid-19. (Foto: tangkapan layar)

Jatim Jadi Zona Abu-abu di Peta Satgas Covid-19 Pusat

Jawa Timur 08 August 2020 19:45 WIB

Peta Jawa Timur berubah warna menjadi abu-abu dalam tampilan data peta risiko yang diunggah di laman covid19.go.id. Warna abu-abu muncul jika peta diakses melalui gawai telepon seluler. Peta akan memunculkan warna kuning dan orange, jika diakses menggunakan laptop. Satuan Tugas Covid-19 Jawa Timur menjelaskan mengapa ada warna abu-abu di peta Jawa Timur.

Menanggapi itu, Koordinator Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi menyampaikan ada keterlambatan penyampaian data terbaru dari Jawa Timur. “Sekarang ada metode pencatatan baru, jadi ada laporan baru, semua lagi learning by doing, karena mereka (Satgas Covid-19 Pusat) ada by name. Jawa Timur sudah melaporkan tapi ada perubahan. Senin mungkin keluar,” ungkap Joni ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu 8 Agustus 2020 sore.

Ia mengaku tidak ada kendala dalam pencatatan maupun pelaporan data kasus. Joni mengatakan, pihaknya sangat intens melakukan komunikasi dan koordinasi bersama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan juga Satgas Covid-19 Pusat.

Walau masih dalam pembenahan, ia mengaku, Jawa Timur masih belum aman dari penyebaran Covid-19. Dalam peta yang diupdate oleh Satgas Covid-19 Jatim, tercatat masih ada sembilan daerah zona merah yang artinya dalam risiko tinggi, kemudian 25 daerah zona orange atau risiko sedang, dan empat daerah zona kuning atau risiko ringan.

Karena itu, ia mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. “Kami senang mulai Juli sudah mulai turun mudah-mudahan segera turun. Jangan sampai ini naik lagi, turun, naik lagi gitu terus. Ini membuktikan sebetulnya kita sudah menemukan metode bagaimana mengendalikan virus. Makanya, protokol kesehatan ini harus diterapkan,” pungkasnya.

Berdasarkan pengamatan Ngopibareng.id, peta Jawa Timur memiliki warna kuning dan orange jika diakses melalui laptop. Dalam peta risiko terbaru berdasarkan data per 2 Agustus 2020, tak ada satupun wilayah Jawa Timur yang memiliki warna merah. Pada tampilan laptop Surabaya telah berubah warna menjadi orange. Belum diketahui apakah data tersebut adalah hasil terbaru atau akan berubah kembali pada Senin, 10 Agustus 2020 nanti.  

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 09:10 WIB

Anas Urbaningrum Dapat Potongan Hukuman Selama 6 Tahun

Hukum

Pidana Anas Urbaningrum turun dari 14 menjadi 8 tahun.

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...