Peserta Rakernas REI dan FIABCI Summit Berdatangan di Bali

04 Dec 2018 22:32 FIABCI SUMMIT

Rapat Kerja Nasional Real Estat Indonesia (Rakernas REI) dibuka Rabu, 5 Desember 2016. Para pengurus REI dari seluruh Indonesia sudah berdatangan di Bali. Bahkan, malam ini, diselenggarakan Welcome Dinner REI-BTN yang berlangsung di Peninsula Park, Nusa Dua, Bali.

Selain itu, para peserta FIABCI Global Business Summit dari berbagai negara juga sudah berdatangan di pulau dewata. Acara para pengusaha properti dunia ini akan berlangsung Jum'at 6 Desember 2018. Gawe REI Indonesia ini mengambil tema Affordable Housing and Tourism Development.

Ketua Panitia Rekernas yang juga Sekretaris Jenderal DPP REI Paulus Totok Lusida dalam sambutannya menegaskan pentingnya kegiatan Rakernas yang digelar bersamaan dengan FIABCI Global Business Summit ini. Disebutkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membangun sinergisitas.

''Peristiwa ini sangat penting untuk membangun sinergitas pemerintah dan REI dalam membangun rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah, red) dan 10 Bali baru, baik di tingkat Indonesia maupun kolaborasi dengan luar negeri,'' katanya.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata saat memberi sambutan selamat datang kepada pengurus REI se Indonesia
Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata saat memberi sambutan selamat datang kepada pengurus REI se Indonesia.

Dalam Rakernas REI yang rencananya akan dibuka Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ini akan berlangsung di The Westin Hotel, Nusa Dua. Setelah itu, dilangsungkan diskusi panel tentang penyesuaian harga jual rumah subsidi tahun 2019 dan skema pembiayaan perbankan dengan pembicara Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid dan Dirut Bank BTN Maryono.

Sedangkan hari berikutnya berlangsung FIABCI Global Business Summit di tempat yang sama. Dalam rangkaian itu, digelar Seminar Affordable Housing & Sustainable Tourism Development dengan keynote speaker Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi keynote speaker dalam seminar kedua dengan tema Affordable Housing.

Dalam kedua seminar tersebut, sejumlah pengusaha dan tokoh luar negeri akan menjadi pembicara. Mereka antara lain Hari Tanusudibjo (CEO MNC Group), Vanessa Borkman (Founhofer Institute), Alexander Nayoan (Jakarta Hotel Association), Budiarsa Sastrawinata (Ciputra Group), Giulia Livagna (UN Habitat), Dao Harrison (World Bank), dan Luigi Zino Prins (MICE Amsterdam).

Peserta Rakernas REI dalam Welcome Dinner di Peninsula Park Nusa Dua Bali
Peserta Rakernas REI dalam Welcome Dinner di Peninsula Park, Nusa Dua, Bali.

FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien- Conselis Immobiliers) adalah Federasi Real Estate International. FIABCI didirikan di Paris 73 tahun lalu. Kini, federasi pengembang seluruh dunia itu telah beranggotakan 72 Negara.

Indonesia menjadi negara pertama di luar Eropa yang menjadi tuan rumah pertemuan bisnis para pengembang seluruh dunia ini. Pertemuan tahun ini sudah yang ke-37 kali. Indonesia terpilih menjadi tuan rumah karena punya model pengembangan rumah rakyat yang melibatkan swasta. (Rif)

Penulis : Arif Afandi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini