Pesawat Ukraina Jatuh di Teheran, 176 Penumpangnya Meninggal

08 Jan 2020 12:31 Internasional

Sebuah jet penumpang jatuh tak lama setelah lepas landas Rabu pagi dari bandara Iran Imam Khomeini dengan  176 penumpang termasuk 9 awak, demikian  kantor berita Iran IRNA melaporkan. Diperkirakan seluruh penumpangnya meninggal. Pesawat itu hilang kontak 3 menit setelah lepas landas.

Tidak jelas pada tahap ini apa yang menyebabkan kecelakaan itu. Pesawat jatuh itu adalah Boeing 737-800, termasuk Boeing 737 generasi baru sebelum  737 Max.

IRNA melaporkan bahwa pesawat yang diterbangkan oleh Ukraine International Airlines adalah Boeing 737-800.

Pesawat itu menuju bertolak dari Teheran ke Kiev, Ukraina. Juru bicara Departemen Darurat Iran,  Mojtaba Khaledi mengatakan bahwa pesawat itu membawa 170 penumpang dan awak.

Video yang diposting ke Twitter oleh kantor berita Iran ISNA, yang digambarkan sebagai "video pertama pesawat Ukraina jatuh di dekat Shahriar," tampak memperlihatkan sebuah pesawat dengan cepat turun, diikuti oleh ledakan di tanah.

Ukraine International Airlines mengoperasikan penerbangan harian dari Teheran ke Kyiv, PS752. Data dari layanan pelacakan penerbangan FlightRadar24 tampaknya menunjukkan PS752 berangkat dari Teheran, tapi komunikasi dengan pesawat terputus  sekitar tiga menit kemudian. (Bis/nas)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini