Chaerul saat berhasil menerbangkan pesawat rakitannya. (Foto: istimewa)

Pesawat Rakitan Mesin Bekas Bisa Terbang, Ini Kisah Pembuatnya

Teknologi dan Inovasi 17 January 2020 15:42 WIB

Cerita Chaerul, warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan yang berhasil membangun sebuah pesawat terbang kini viral di media sosial.

Dengan peralatan seadanya dan mengandalkan barang-barang bekas, pesawat jenis ultralight ini berhasil diterbangkan Chaerul berkeliling pantai di dekat rumahnya.

Video keberhasilan Chaerul menerbangkan pesawat inipun kini viral di media sosial.

Bupati Pinrang, Irwan Hamid juga langsung mengganjar Chaerul dengan piagam penghargaan serta sejumlah uang pembinaan.

"Haerul ini layak diapresiasi. Pemerintah sangat bangga dengan dia. Dia inovatif dan kreatif. Kami berharap Chaerul bisa menginspirasi pemuda lain mengembangkan kemampuannya," kata Irwan, Jumat 17 Januari 2020.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman juga langsung mengundang secara khusus Chaerul ke rumahnya untuk diberikan penghargaan.

Sementara itu, kesuksesan Chaerul ternyata memunculkan kisah haru. Chaerul ternyata tidak tamat sekolah dasar (SD).

Lurah Pallameang, Asdar, menceritakan warganya yang bernama Chaerul meski tidak tamat SD namun sejak kecil telah dididik oleh orang tuanya untuk menjadi mekanik.

"Sejak kecil, Chaerul dididik ayahnya bergelut dengan mesin. Pulang sekolah biasanya langsung diminta bantu ayahnya menjadi mekanik," kata Asdar seperti dikutip dari detik.com.

Tak hanya Chaerul, dua saudara perempuan Chaerul juga dididik jadi mekanik. Meski mereka perempuan namun dua saudara perempuan Chaerul ternyata juga ahli mengelas.

Keluarga mekanik ini, kata Asdar, bahkan sempat mencoba merakit sebuah helikopter. Sayangnya percobaan untuk menerbangkan helikopter itu selalu gagal.

Sekadar diketahui, nama Chaerul saat ini menjadi viral setelah uji coba pesawat ultralight buatannya berhasil terbang di Pantai Ujung Tape, Pinrang pada Rabu, 15 Januari 2020 kemarin.

Dalam video yang viral di media sosial, pesawat Chaerul ini bisa terbang berputar-putar di pinggir pantai dan bisa mendarat dengan mulus.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Feb 2020 07:13 WIB

Indonesia Kampanyekan Perdamaian dengan Islam Moderat

Nasional

Menghapuskan Islamphobia.

29 Feb 2020 06:56 WIB

Dorna Sports Isyaratkan Tolak Portugal Jadi Tuan Rumah MotoGP

MotoGP

Sirkuit Portimao gagal menjadi tuan rumah MotoGP.

29 Feb 2020 06:40 WIB

11 Hari Ashraf Meninggal, BCL Kembali Manggung

Musik

BCL tak kuasa tahan tangis nyanyikan Cinta Sejati.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.