Kru pesawat Batik Air mengenakan baju khusus. Pesawat Batik Air akan dikandangkan 14 hari usai menjemput WNI di Wuhan. (Foto:Antaranews)

Pesawat Batik Air Juga Ngandang 14 Hari Usai Evakuasi WNI Wuhan

Nasional 01 February 2020 18:47 WIB

Evakuasi 245 WNI di Provinsi Hubei akan menggunakan pesawat Batik Air, pada Sabtu 1 Februari 2020. Sejumlah persiapan dilakukan oleh kru hingga bagian perawatan pesawat. Rencananya, pesawat dari maskapai Lion Air itu akan dikandangkan selama 14 hari, usai menjemput WNI pulang.

“Pesawat ini dibersihkan, akan diberi disinfektan dan proses sterilisasi sekaligus perawatan dan dinyatakan bersih. Kru akan dimonitor, dan kalau mereka kembali, dipastikan saat bekerja tidak terbawa (virus) apapun,’ kata Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group, di Jakarta, Sabtu 1 Februari 2020.

Pesawat yang berangkat di bawah koordinasi dengan kementerian kesehatan, kementerian perhubungan, TNI, dan sejumlah instansi terkait itu, sedikitnya akan membawa sembilan awak kabin, ditambah tim pilot. Mereka akan mengenakan baju khusus selama penerbangan. Baju berfungsi mengantisipasi gangguan kesehatan, termasuk potensi tertular virus corona dari Wuhan.

Selain itu, pesawat juga dilengkapi dengan fasilitas penyaring udara yang bisa mencegah virus dan bakteri, masuk ke dalam pesawat.

Berikutnya, setelah proses evakuasi usai, kru akan menjalani observasi kesehatan dan pesawat yang telah digunakan akan dibersihkan serta tidak digunakan selama 14 hari, dikutip dari Antaranews.

Edward menambahkan, jika penerbangan ke Wuhan pada Sabtu ini merupakan misi kemanusiaan. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub juga sudah memastikan proses evakuasi melalui penerbangan ini berjalan sesuai dengan standar operasional.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 10:04 WIB

Bulan Depan Key SHINee Selesai Wajib Militer

Hiburan

Key SHINee selesai wajib militer 7 Oktober.

25 Sep 2020 09:32 WIB

Akhir Bulan Ini Warga Kota Beijing Mulai Divaksin Massal

Internasional

Akhir bulan ini warga Kota Beijing divaksin massal, murid sekolah gratis.

25 Sep 2020 09:30 WIB

Riset ITB Potensi Tsunami 20 Meter, Tanggapan PVMBG, BMKG-BPBD

Warta Bumi

ITB ungkap potensi tsunami di Sumatra hingga Papua.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...