Pesawat tim Red Arrows sedang latihan akrobat di atas pangkalan militer Valley Royal Air Force. Wales. (foto: CTV News)
Pesawat tim Red Arrows sedang latihan akrobat di atas pangkalan militer Valley Royal Air Force. Wales. (foto: CTV News)

Pesawat Akrobat Udara Red Arrows Jatuh Ketika Latihan, Seorang Awaknya Tewas

Ngopibareng.id Internasional 21 March 2018 11:54 WIB

Sebuah pesawat militer Inggris yang digunakan dalam tim aerobatik Red Arrows jatuh pada Selasa 20 Maret kemarin di sebuah pangkalan udara di Wales barat laut, kata Kementerian Pertahanan. Menurut beberapa sumber, pesawat berawak dua orang itu jatuh ketika sedang berlatih take off dan landing di pangkalan militer Valley Royal Air Force.

Para pejabat menolak memberikan penjelasan lebih lanjut, tapi diketahui ada dua orang di dalamnya ketika pesawat tersebut jatuh di pangkalan. Pilot pesawat mengalami luka berat, sedang enginer tewas di tempat.

“Kami mengetahui insiden hari ini di RAF Valley yang melibatkan sebuah pesawat Hawk,” kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan.

“Kami sedang menyelidiki insiden itu dan tidak tepat untuk berkomentar lebih jauh dalam tahap ini,” imbuhnya. Polisi mengonfirmasi bahwa mereka mendatangi lokasi kejadian.

Red Arrows, tim aerobatik jet Hawk yang diterbangkan sejumlah pilot militer berpengalaman, dikenal di penjuru dunia karena aksi mereka yang berani.

 

Bangkai pesawat Red Arrows yang jatuh di pangkalan militer di pangkalan militer Valley Royal Air Force beberapa jam usai kecelakaan hari Selasa 20 Maret 2018 foto the guardianBangkai pesawat Red Arrows yang jatuh di pangkalan militer di pangkalan militer Valley Royal Air Force, beberapa jam usai kecelakaan hari Selasa 20 Maret 2018. (foto: the guardian)

Beberapa foto yang diambil di tempat kejadian oleh tukang las pipa bernama Deno James menunjukkan gumpalan asap hitam naik ke udara.

"Saya berada di dekat kompleks dan pesawat datang untuk melakukan latihan mendarat di landasan," kata Deno James. "Saya berhenti sejenak di truk saya, menonton dan melihat pesawat itu lewat di atas  kepalaku. Saya tahu itu adalah Red Arrow karena saya pernah melihatnya di layar udara sebelumnya, " ceritanya.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa mereka melihat kecelakaan itu saat berada di Stasiun Kereta Api Rhosneigr.

"Saya duduk di stasiun kereta Rhosneigr menunggu kereta dan saya dapat melihat lapangan terbang. Dari tempat duduk saya bisa melihat  Red Arrow terbang," kata saksi mata itu seperti dikutip  Daily Post hari ini. (nis/afp/daily post)

Asap mengepul dari pesawat  pesawat Red Arrows yang jatuh di pangkalan militer di pangkalan militer Valley Royal Air Force hari Selasa 20 Maret 2018 foto the guardianfotobelfasttelegraphcoukAsap mengepul dari pesawat pesawat Red Arrows yang jatuh di pangkalan militer di pangkalan militer Valley Royal Air Force, hari Selasa 20 Maret 2018. (foto: the guardian)(foto:belfasttelegraph.co.uk)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Nov 2020 20:33 WIB

Bule Amerika Bantah Jual Kembali Meteorit Tapanuli Miliaran

Nasional

Lalu berapa nilainya, tak menyebut.

19 Nov 2020 20:00 WIB

Jual Meteorit, Pria Tapanuli Ini Dapat Rezeki Nomplok dari Langit

Nasional

Batu meteorit itu dijual ratusan juta.

13 Nov 2020 07:21 WIB

8 Pasukan Perdamaian MFO di Mesir Tewas, Akibat Helikopter Jatuh

Internasional

Multinational Force and Observers mission (MFO)

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...