Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini (kanan) bersama KH Said Aqil Siroj (tengah) dan Robikin Emhas di PBNU. (Foto: dok/ngopibareng.id)

Pesan Kurban adalah Kemanusiaan, Ini Peluang Beribadah

Islam Sehari-hari 31 July 2019 05:30 WIB

Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini, menjelaskan bahwa di dalam ibadah kurban terdapat perintah Allah Swt kepada Nabi Ibrahim as untuk menyembilh anaknya, Nabi Ismail as, adalah bagian dari perintah kepada kita bahwa ternyata di dalam hidup ini perlu melakukan pengorbanan-pengorbanan untuk memperkuat tali persaudaraan kita kepada sesama.

"Terutama kepada saudara-saudara kita masih belum mampu, saudara-saudara kita yang perutnya lapar, yang miskin, saudara-saudara kita yang masih membutuhkan begitu banyak pertolongan dan bantuan dari kita semua," jelas Helmy di Jakarta, dalam keterangan diterima ngopibareng.id, Selasa 30 Juli 2019.

Menurutnya, pesan kurban adalah pesan kemanusiaan, di mana kita hidup sebagai masyarakat sosial. Kita hidup tidak sendirian, tetapi kita hidup saling membutuhkan, saling bergantung antara satu dengan yang lainnya.

"Bersama ini kami mengajak seluruh umat Islam Indonesia terutama seluruh warga Nahdlatul Ulama, mari kita salurkan kurban kita melalui NU Care-LAZISNU," ajaknya.

Dirinya berharap, dengan ibadah kurban kita mendapatkan keberkahan lahir dan batin.

Memang sejauh ini, terkait ibadah kurban cukup banyak masjid dan musala membuka kepanitiaan untuk menyalurkan hewan dan daging kurban. Namun, jangakauannya tidak sampai kepada pelosok pedusunan yang justru membutuhkan. Dengan pengelolaan yang baik, harapan warga miskin dan fakir yang berhak menerima daging kurban bisa terpenuhi dengan kepedulian umat Islam pada sesamanya.

"Mudah-mudahan kurban kita menjadi berkah bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat. Selamat berkurban melalui NU Care-LAZISNU," kata Helmy.

Untuk diketahui, program kurban NU Care-LAZISNU di tahun 2019, dengan tema Nusantara Berqurban (Nusaqu), menargetkan 15 juta penerima manfaat di 16 provinsi di Indonesia.

"Insyaallah, program Nusaqu menyasar daerah-daerah hingga pelosok Nusantara. Target nasional kita 15 juta penerima manfaat di 16 provinsi di Indonesia," tutur Sekretaris NU Care-LAZISNU, Abdur Rouf.

Rouf juga menyampaikan, pemesanan hewan kurban bisa dilakukan lewat beberapa marketplace dan aplikasi antara lain,

BukaLapak (http://bit.ly/nucarequrban),

Tokopedia (http://bit.ly/nucarequrban2),

Blanja.com (http://bit.ly/nucarequrban3), dan

Shopee (http://bit.ly/nucarequrban5).

Penyaluran hewan kurban juga dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek di

Go-Tix (http://bit.ly/nucarequrban4),

juga aplikasi

NU Cash (http://bit.ly/appnucash) dan

Koin NU (http://bit.ly/appkoinnu). 

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 11:15 WIB

Rindu Berkarya, Mahasiswa ISI Jogjakarta Gelar Pameran Virtual

Seni dan Budaya

Pameran ini akan berlangsung selama 15 hari dimulai pada 27 Juli 2020.

08 Jul 2020 21:35 WIB

Curhat Angel Lelga Usai Vicky Prasetyo Huni Rutan Salemba

Gosip Artis

Penahanan Vicky Prasetyo dinilai Angel Lelga sebagai berita memalukan.

07 Jul 2020 22:40 WIB

Corona, Penjualan Hewan Kurban Diprediksi Menurun

Jawa Timur

Diperkirakan daya beli hewan kurban turun gara-gara corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...