Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. (Alif/Ngopibareng.id)

Pesan Emil Dardak pada Mahasiswa KKN Saat Pandemi

07 Aug 2020 15:05

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Wakil Gubernur Jawa Timur meminta mahasiswa ikut memberikan edukasi tentang Covid-19, sekaligus mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Pesan itu disampaikan saat melepas dan memberikan pembekalan pada peserta kuliah kerja nyata (KKN) di Universitas Petra, Surabaya.

"Keteladanan para mahasiswa dapat memberikan dampak positif dalam membangun kepatuhan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan,"  Kata Emil Dardak. KKN mahasiswa akan menjadi cara paling efektif membangun ketahanan masyarakat melalui keteladanan mahasiswa.

Mantan Bupati Trenggalek itu menekankan bahwa keselamatan dan kesehatan mahasiswa yang melaksanakan KKN menjadi perhatian utama Pemprov Jatim. Mahasiwa diminta mengkoordinasikan kegiatan mereka lewat platform ‘InaRisk’ milik BNPB. Tujuannya untuk meminimalkan risiko kesehatan dan keselamatan mahasiswa selama KKN.

Emil juga berpesan agar mahasiswa melaporkan ke dalam “InaRisk” jika ada perubahan di lingkungan tempat KKN. "Sedikit apapun perubahan kondisi di lapangan harus dilaporkan, sehingga dapat diberikan 'feedback' dalam bentuk reaksi cepat," tutur Emil Dardak.

Diketahui, Jawa Timur mencatat tambahan kasus Covid-19 sebanyak 286 per Kamis 6 Agustus 2020. Jumlah itu menyebabkan akumulatif kasus menjadi 24.115 kasus. Sebanyak 16.732 di antaranya sembuh, dam 1.817 di antaranya meninggal. Pada peta zona risiko yang diunggah terakhir per 26 Juli 2020, di laman covid19.go.id, Jawa Timur banyak memiliki zona merah, oranye, dan kuning, tanpa satupun zona hijau. (Ant/Cov)