Philips J Vermonte, Direktur Eksekutif CSIS, ( 5 dari kiri) ketika sesi foto bersama di Ruang Auditorium, Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya (Theo/Ngopibareng.id)

Pertemuan Prabowo-Mega, Pengamat: Indikasi Kerjasama Pilpres 2024

Jawa Timur 26 July 2019 12:48 WIB

Pasca pertemuan dua petinggi partai politik, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Teuku Umar, beberapa spekulasi pun bermunculan.

Salah satunya datang dari pengamat politik, Philips J Vermonte, Direktur Eksekutif CSIS. Dia menilai pertemuan tersebut sebagai indikasi kerjasama politik Gerindra dan PDIP pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Walaupun masih jauh, tapi kita coba mengurai. Ini semacam indikasi awal kerja sama politik yang lebih jauh antara PDIP dan Gerindra di tahun 2024 nanti," ujarnya selepas acara seminar Nasional FEB UB pada hari Kamis 25 Juli 2019, kemarin.

Philips menganggap sumir pertemuan Megawati dan Prabowo sebagai salah satu agenda rekonsilisasi pasca pilpres.

"Kalau agenda rekonsilisai harusnya bertemu sama Presiden Jokowi nya, kan dia yang mempunyai power, sebagai orang nomor satu di pemerintahan" ujarnya.

 Namun menurut Philips, jika dalam konteks pembentukan stabilitas politik di lembaga legislatif, menurut Philips, pertemuan dua ketum partai besar di DPR ini bagian dari proses politik biasa.

"Kalau kemarin Pak Prabowo bertemu dengan Ibu Megawati mungkin dari titik temu kemungkinan lembaga legislatif mungkin ada kesepahaman antara PDIP dengan Gerinda untuk bekerja sama," tutupnya.

Diketahui bahwa Prabowo bertandang ke kediaman Megawati pada Rabu 24 Juli 2019, Hadir dalam pertemuan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani, mantan Sekjen PDIP Pramono Anung, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 11:32 WIB

Jokowi Cabut Keppres Pemberhentian Anggota KPU Evi Novida

Hukum

Evi Novida telah menenangkan gugatan di PTUN.

06 Aug 2020 09:15 WIB

DPR Soroti Inpres Jokowi Soal Sanksi Pelanggaran Protokol Covid

Nasional

Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Daulay soroti dua hal dalam Inpres 6/2020.

05 Aug 2020 22:16 WIB

Karyawan Gaji di Bawah Rp5 Juta dapat Bantuan Pemerintah

Nasional

Alokasi bantuan selama 6 bulan.

Terbaru

Lihat semua
08 Aug 2020 00:43 WIB

Instagram Reels ala TikTok

Teknologi dan Inovasi
08 Aug 2020 00:23 WIB

Hoak Video Ledakan Rudal di Beirut

Internasional
08 Aug 2020 00:07 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 8 Agustus 2020

Pendidikan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...