Para perempuan Arab Saudi mengikuti lomba maraton di wilayah Al-Ahsa, Riyadh pada Sabtu 3 Maret 2018 lalu dalam lomba bernama Al-Ahsa Runs.(foto: al-arabiya)

Pertama Kali Lomba Maraton untuk Perempuan di Arab Saudi

05 Mar 2018 11:51

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Arab Saudi terus melakukan modernisasi. Setelah menginjinkan kaum perempuan mengemudikan kendaraan, Arab Saudi menggelar maraton pertamanya untuk perempuan pada akhir pekan lalu, lapor media setempat. Hal ini dilakukan karena pihak  kerajaan konservatif itu ingin mendorong olahraga perempuan dalam program modernisasi.

Sekitar 1.500 pelari perempuan, kebanyakan memakai pakaian muslim, berlari sejauh 3 kilometer  di wilayah Al-Ahsa, Riyadh pada Sabtu 3 Maret 2018 lalu dalam lomba bernama Al-Ahsa Runs.

“Tujuan dari maraton ini adalah mempromosikan lari dan memperkenalkan konsep olahraga bagi semua, demi gaya hidup lebih sehat,” kata pengawas maraton Malek al-Mousa, yang dikutip surat kabar Arabiya News.

Acara tersebut digelar setelah Riyadh menjamu maraton internasional pertamanya pada akhir Februari, yang menuai pujian dari beberapa warga Saudi di media sosial mengenai ketidakhadiran perempuan.

Otoritas olahraga disiapkan untuk merencanakan maraton lainnya untuk perempuan di kota Mekkah pada 6 April, kata surat kabar propemerintah, Okaz. (afp)