Pertama Kali! Kim Jong-un Akan Bertemu dengan Vladimir Putin

23 Apr 2019 14:40 Internasional

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dijadwalkan akan berkunjung ke Rusia guna menemui Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pemberitaan tersebut menghiasi media nasional Korea Utara. 

Meski belum mengeluarkan tanggal pastinya, ini akan menjadi pertemuan pertama bagi Putin dan Kim. Pertemuan ini akan membangkitan memori lama mengenai hubungan 'sekutu' antara Uni Soviet dan Korut, sebelum akhirnya Soviet pecah.

Selama ini, Putin belum pernah bertemu langsung dengan pimpinan Korut. Terakhir kali Rusia mengadakan pertemuan dengan Korut pada 2011 saat Rusia masih dipimpin oleh Presiden Dmitry Medvedev dan tongkat kepemimpinan Korut masih dipegang oleh Kim Jong-il.

Diyakini pertemuan ini merupakan lenjutan dari pertemuan Kim dengan Presiden Amerika, Donald Trump, pada Februari lalu di Hanoi, Vietnam yang tidak menghasilkan kesepakatan anta dua negara.

Kim diyakini bahwa ia akan menggunakan pertemuan ini untuk membawa negaranya dapat berkoalisi dengan Rusia, guna bisa memiliki bargaining position yang lebih tinggi di masa depan apabila akan melakukan pertemuan kembali dengan AS. (alf)

Pertemuan Kim JongUn dengan Donald Trump dok Istimewa
Pertemuan Kim Jong-Un dengan Donald Trump. (dok. Istimewa)
Penulis : Alief Sambogo
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini