Besok, Persik Mania Konvoi Rayakan Juara Liga 2

06 Dec 2019 19:04 Liga Indonesia

Setelah menjuarai Liga 2 Indonesia beberapa waktu lalu, euforia Persik Kediri masih terus berlanjut. Diperkirakan ribuan suporter Persik Mania akan turut serta dalam konvoi perayaan juara Liga 2 Indonesia, Sabtu 7 Desember 2019, besok.

Menurut keterangan Widodo selaku ketua Panitia Pelaksana Pertandingan, bahwa semua persiapan sudah dilakukan, mulai dari pemilihan rute serta kehadiran para pemain.

Lebih lanjut Widodo mengatakan, konvoi besok tidak hanya diikuti dari elemen suporter semata, melainkan juga dari beberapa komunitas sepeda motor yang ada di Kediri.
"Semalam ada tiga komunitas sepeda motor yang mengabarkan ingin ikut berpastisipasi dalam acara konvoi atau kirab juara Liga 2," kata Widodo Jumat 6 Desember 2019.

Widodo mengaku, sebelumnya ia sempat dihubungi oleh petugas kepolisian yang menyarankan agar dalam konvoi besok hendaknya tidak melibatkan massa dalam jumlah banyak. Terkait hal itu, pihaknya sebagai panitia tidak bisa mencegah atau melarang keinginan dari suporter.

Ia sendiri tidak bisa mempredisiki berapa jumlah suporter yang datang.

"Nah itu yang sulit kita prediksi, Kemarin dari Polres Kediri Kota lewat bagian operasional (Bagops), sempat berpesan kepada saya bagaimana kalau konvoinya jangan banyak pesertanya. Saya jawab tidak bisa, karena saya pun tidak bisa memprediksi berapa jumlah mereka yang ikut konvoi besok. Animo Persik Mania kan luar biasa ya," Kata widodo dikonfirmasi melalui ponselnya.

Ia kemudian memberikan gambaran momen penjemputan pemain Persik beberapa waktu lalu, saat perjalanan kembali menuju Kediri usai menjuarai Liga 2 Indonesia, dimana banyak suporter yang turut menjemput dan mengarak para pemain meski tanpa komando.

"Itu aja tidak direncanakan, apalagi yang sudah direncanakan. Persik Mania itu sangat luar biasa antusiasnya. Bahkan Persik Mania mendesak manajemen untuk segera menggelar konvoi, dan besok baru terlaksana. Kalau penjemputan kemarin saja sampai mengekor jarak 5 kilometer, kemungkinan minimal 5 ribu sepeda motor lah," ungkapnya.

Bahkan setelah konvoi digelar, sore harinya Persik Mania bersedia secara suka rela ikut membantu membersihkan Stadion Brawijaya Kediri. Karena keesokan harinya Persik Kediri harus menggelar Celebration Game melawan Persis Solo.

Widodo pun mengimbau para suporter yang mengikuti konvoi besok agar selalu tertib dalam berlalu lintas, memakai kelengkapan dalam berkendara dan tidak menggunakan knalpot bronk. Kalau pun mereka nekat, dan melanggar, itu risiko yang bersangkutan.

"Kalau mereka melanggar ya ditilang saja," ujarnya.

Estimasi rute jarak tempuh yang dilalui sekitar 29 km. Start dimulai dari Stadion Brawijaya rute Kota-Kabupaten. Dalam konvoi besok, kemungkinan ada sejumlah komponen tim yang tidak ikut, di antaranya eks pelatih Budiarjo Thalib yang sekarang ini sedang pulang kampung.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Indra Budi mengingatkan kepada para suporter agar lebih tertib dan mentaati peraturan lalu lintas selama mengikuti konvoi besok.

"Minimal memakai helm dan tidak berboncengan tiga," imbaunya.

AKP Indra Budi mengatakan, pihaknya hanya bermaksud mengingatkan agar tidak sampai terjadi kecelakaan lalu lintas selama konvoi.

"Saya sayang sama teman teman Persik Mania, untuk itu saya memberikan imbauan ini. Jangan sampai terjadi kecelakaan dan menimbulkan persoalan baru," paparnya.

Penulis : Fendhy Plesmana
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini