Persib Sukses Kawinkan Gelar, Bobotoh Bersuka Cita

10 Dec 2018 22:10 Liga Indonesia

Kegagalan tim senior Persib meraih gelar juara Liga 1 2018 musim ini tak membuat pendukung tim berjulukan Maung Bandung itu bersedih. Sebab, Persib sukses mengawinkan gelar juara Liga Elite Pro Academy PSSI U-19 dan U-16.

Gelar kampiun yang diraih Persib U-19 itu didapat setelah berhasil membungkam Persija U-19 di partai final yang berlangsung pada 26 November 2018 lalu.  Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar-Bali itu, Persib U-19 menekuk Persija dengan skor tipis 1-0.

Sukses itu mampu diikuti tim yang bermain di level U-16 setelah mereka menaklukkan Bali United lewat drama adu penalti (menang 4-3) di final yang berlangsung di Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu 9 Desember 2018. Sebelum memasuki babak tos-tosan tersebut, kedua tim bermain sama kuat, 1-1.

Mahkota juara ini menjadi pelipur lara menyusul kegagalan tim seniornya. Sehingga wajar bila ribuan bobotoh pun memberikan sambutan meriah kepada Persib U-16 setelah tiba di Kota Bandung pada Senin, 10 Desember 2018.

Saat tiba di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, tim Persib U-16 langsung disambut suka cita oleh Bobotoh. Dalam kesempatan yang sama, tim juga disambut secara khusus oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Selanjutnya, tim diarak ke Graha Persib di Jalan Sulanjana dan tiba sekitar pukul 18.30 WIB. Para pemain, tim pelatih, serta official naik ke atas bus Bandung Tour on Bus (Bandros). Sedangkan di belakang mereka ribuan Bobotoh mengiringi dengan mayoritas menggunakan sepeda motor.

Saat tiba di Graha Persib, nyanyian dan teriakan terdengar sangat meriah. Berkali-kali Bobotoh meneriakan kata-kata `juara`. Sesekali Bobotoh juga bernyanyi yel-yel yang biasa dinyanyikan di stadion saat Persib berlaga.

Rombongan tim kemudian naik ke lantai dua. Di sana, selebrasi juara dilakukan di area balkon sambil menghadap ke arah Bobotoh. Pemain pun memperlihatkan piala kepada Bobotoh yang menyemut di bawah.

"Gelar juara ini bukan rekayasa. Ini hasil kerja keras semua. Kita semua harus bangga," kata General Manager Diklat Persib Yoyo S. Adireja, terkesan mengirimkan pesan terhadap PSSI dan Persija yang baru saja merengkuh gelar juara Liga 1.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S Taryono juga mengatakan hal serupa. Tapi ia mengungkapkan harapan besar terhadap para pemain Persib U-16 dan Persib U-19 yang beberapa waktu lalu menjadi juara Liga 1 U-19 2018.

"Kita doakan mudah-mudahan Persib U-16 dan Persib U-19 menjadi cikal-bakal untuk tim Persib senior," ujar Kuswara.

Menurutnya, gelar juara itu menjadi pengobat dahaga di tengah tim Persib senior yang gagal menjuarai Liga 1 2018. Persib finis di peringkat keempat di akhir klasemen setelah di awal musim sempat lama berada di puncak klasemen.

"Ini menjadi obat pelipur lara bagi Bobotoh. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bobotoh yang telah mendoakan dan mendukung Persib di segala umur," kata Kuswara.

Kapten Persib U-16 Rahmat Hidayat mengungkap rasa bangga bisa membawa timnya juara. Apalagi saat tiba di Bandung, timnya begitu dielu-elukan selayaknya pahlawan.

 

"Sangat senang, baru pertama kali seperti ini. Sebelumnya belum pernah begini, jadi saya sangat kagum disambut begini oleh Bobotoh," ujar Rahmat.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini