Sejumlah pemain Persebaya saat merayakan gol. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Hadapi Persib, Persebaya Pincang

Liga Indonesia 18 October 2019 12:22 WIB

Persebaya Surabaya akan menghadapi Persib Bandung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Jumat 18 Oktober 2019. Di pertandingan ini, Bajul Ijo datang tidak dengan kekuatan terbaiknya, alias pincang.

Total ada enam pemain pilar sekaligus yang absen dengan berbagai alasan. Dengan kondisi seperti ini, tentu Bajul Ijo terancam gagal memenuhi ambisinya memetik kemenangan di laga ini.

Sebut saja Irfan Jaya yang terkena akumulasi kartu, Rahmat Irianto bergabung dengan Timnas U-23, M. Supriadi bersama Timnas U-19, dan tiga lainnya sedang dibelit cedera, yakni Osvaldo Haay, Otavio Dutra dan Ruben Sanadi.

Meski tanpa kekuatan penuh, pelatih Bajul Ijo, Wolfgang Pikal mengaku sangat siap. Bahkan ia optimistis bisa mengalahkan Persib Bandung. Alasannya, laga ini berlangsung di tempat netral.

"Semua lancar, dan sedikit ada gangguan karena beberapa pemain absen. Tapi kami bagaimanapun ingin mencuri poin dan akan berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil bagus," kata Pikal.

Meski dalam situasi tak menguntungkan, Pikal tak mau mengeluh. Dia akan berusaha mencari solusi agar Persebaya bisa tampil maksinal di Bali. Mulai dari mematangkan skema permainan, dan strategi.

"Ya memamg begini kondisi tim, tapi kami punya target di Bali. Jadi saya akan mematangkan strategi dan sedikit mengubah formasi agar bisa lebih maksimal," imbuh pelatih asal Austria ini.

Beruntungnya, dengan skuat yang minimalis, Pikal tetap bisa memainkan Diogo Campos. Paling tidak, pemain asal Brasil itu bisa menjadi solusi di saat banyak pemain absen. Selain itu juga Campos bisa menjadi tumpuan Bajul Ijo dalam mencetak gol.

"Campos sudah dipastikan akan bermain, dia sudah sehat," ujar Pikal.

Dari kubu lawan, pelatih Persib Bandung Robert Albert tak mau kalah. Ia menebar optimisme bisa mengalahkan Persebaya meski tak bermain di kandang sendiri.

"Kami memang dalam situasi sulit, bermain di Bali dengan status pertandingan kandang. Tapi kami akan berusaha untuk mendapatkan poin," kata Robert.

Ia memastikan pertandingan nanti malam akan berjalan menarik. Sebab akan ada jual beli serangan yang membuat laga ini bakal berjalan sangat sengit. Robert juga mengetahui kelebihan counter attack Bajul Ijo yang sangat cepat dan mematikan.

"Persib dan Persebaya bukan tipikal tim yang menunggu bola, jadi kami akan saling serang. Persebaya sangat bagus dan cepat, namun kami juga tak kalah," ucapnya.

Seperti diketahui, Persebaya memiliki modal bagus, karena tim asal Kota Pahlawan mempunyai catatan positif dalam empat pertemuan terakhir dengan Persib. Total dari keseluruhan laga, Persebaya berhasil menangkan tiga duel, hanya menderita satu kekalahan.

Bajul Ijo menang 4-0 saat putaran pertama Liga 1 2019 di Stadion GBT, menang 3-2 saat Piala Presiden dan menang 4-1 di putaran kedua Liga 1 2018.

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jul 2020 18:30 WIB

Gelandang Arema FC Target Finish di Lima Besar

Liga Indonesia

Gelandang Arema FC, Dave Mustaine dkk latihan kembali pada 15 Juli 2020.

01 Jul 2020 23:15 WIB

Persebaya Tak Setuju Liga Dilanjutkan

Liga Indonesia

Persebaya tak setuju Liga dilanjutkan dampak dari Covid-19.

01 Jul 2020 20:25 WIB

Persik Sepakat Liga 1 Digelar Kembali, Tapi...

Liga Indonesia

Kendati begitu Persik menghormati keputusan PSSI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...