Persebaya vs Persib: Ujian Konsistensi Bajul Ijo

05 Jul 2019 09:36 Liga Indonesia

Persebaya akan bersua Persib Bandung dalam laga pekan ke-7 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat 5 Juli 2019.

Di pertandingan ini akan tersaji duel sengit antara kedua tim yang sama-sama mengincar tiga poin. Jika Persebaya ingin menjaga konsistensi kemenangan di depan Bonek. Persib berambisi mengakhiri paceklik kemenangan seiring hasil minor yang mereka dapatkan dari empat laga terakhir.

Persebaya sendiri memiliki modal positif usai menumbangkan Persela Lamongan 3-2. Sementara Persib sedang terpuruk usai dipermalukan 1-2 di kandang saat menjamu Bhayangkara FC pada pekan lalu.

Kekalahan di kandang membuat Persib terpuruk di peringkat ke-10 klasemen sementara dengan raihan enam poin. Sementara Persebaya menghuni posisi kelima dengan mengemas delapan angka. 

Namun melihat rekor pertemuan mereka sebelumnya, khususnya sejak Persebaya kembali ke kasta tertinggi Liga 1. Kedua tim ini baru tiga kali bertemu. Hasilnya Bajul Ijo lebih unggul.

Pada Liga 1 2018 putaran pertama, Persebaya harus takluk di kandang atas Persib Bandung dengan skor 3-4. Selanjutnya di putaran kedua Bajul Ijo membalasnya di kandang Maung Bandung, dengan kemenangan telak, 4-1.

Di luar kompetisi reguler, Persebaya dan Persib juga baru saja bertemu di turnamen pramusim Piala Presiden 2019. Di ajang ini, lagi-lagi tim besutan Djajang Nurdjaman mampu mengungguli Persib dengan skor tipis 3-2.

Meski memiliki catatan positif dalam mayoritas bentrokan dengan Persib, Persebaya patut tak mau jumawa. Sebab, penampilan Hansamu Yama Pranata dkk belum meyakinkan. Persebaya baru menang dua kali, imbang dua kali dan sekali kalah. Untungnya, kondisi yang sama sedang dialami Persib Bandung yang baru meraih satu kemenangan, tiga kali seri, dan sekali kalah.

Pada laga ini, selain Osvaldo, Persebaya juga tidak bisa diperkuat Damian Lizio menyusul larangan tampil akibat kartu merah yang ia dapatkan saat Persebaya menang 3-2 atas Persela. Sedangkan Oktafianus Fernando juga diragukan tampil. Top skor sementara Bajuo Ijo kemungkinan tidak bisa turun lantaran sedang dibekap cedera. Sementara Persib bakal tampil dengan kekuatan penuh karena tak satu pun pemainnya yang cedera atau terkena suspensi. 

 

Berikut perkiraan susunan pemain dari dua tim:

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (PG), Ruben Sanadi, Novan Sasongko, Hansamu Yama, Otavio Dutra, M. Hidayat, Misbakus Solikin, Fandi Eko, Manu Dhzalilov, Irfan Jaya, Amido Balde.

Pelatih: Djajang Nurdjaman

Persib (4-2-3-1): Wirawan (PG), Ardi Idrus, Mustafa, Malisic, Nasir, Kurniawan, Mihelic, Kusnandar, Febri Hariyadi, Siregar, Ezechiel.

Pelatih: Robert Rene Albert

 

(hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini