Persebaya Tumbangkan Madura United Lewat Drama Adu Penalti

24 Feb 2018 22:06

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Persebaya Surabaya sukses mengalahkan Madura United di pertandingan pertamanya pada Piala Gubernur Kaltim, Sabtu 24 Februari 2018. Kemenangan Persebaya pun diraih dari drama adu penalti dengan skor 5-4.

Madura United yang sebenarnya diunggulkan dalam adu penalti ini, sebab memiliki banyak penembak jitu malah harus gagal pada tendangan kelima yang di eksekusi oleh Fabiano Beltrame.

Padahal sejak babak pertama kedua tim sama-sama bermain cukup konsisten. Hingga Madura United dapat mencetak gol terlebih dahulu pada menit 29. Gol tersebut tercipta dari kesalahan lini tengah Persebaya Rendi Irwan yang gagal mengumpan bola.

Bayu Gatra yang tanpa penjagaan langsung membawa bola ke depan dan memberi umpan ke Rafael Maitimo yang berlari sendiri. Dan akhirnya Maitimo sukses menjebol gawang Bajol Ijo, sehingga merubah skor 1-0.

Keunggulan itu tak bertahan lama. Persebaya mampu membalas pada menit 30, usai Oktavianus Fernando yang dilanggar oleh Fachrudin, dan wasit tak segan-segan menunjuk titik putih.

Misbahus Sholikin yang menjadi eksekutor, tak menyia-nyiakan peluang. Sehingga berhasil menyamakan kedudukan 1-1 atas Madura United. Dan kedudukan ini tak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Persebaya dan Madura United sama-sama menaikkan tensi serangan. Hal ini dilakukan untuk nenambah angka, dengan melakukan rotasi pemain.

Namun Persebaya terpaksa bermain dengan 10 pemain usai Sidik Saimima mendapat kartu kuning kedua pada menit 66 setelah menjatuhkan Bayu Gatra.

Bermain dengan sepuluh pemain pun, Persebaya tak mau mengendurkan serangannya. Mereka masih mengimbangi permainan cepat Laskar Sappe Kerap hingga akhir laga.

Kedudukan 1-1 pun tak bertambah, dan membuat Persebaya dan Madura United melakukan adu penalti.

Dalam adu penalti ini, Persebaya berhasil menyarangkan semua bola dalam eksekusinya. Madura United malah gagal pada tendangan penentu yang dieksekusi oleh Fabiano Beltrame yang terpeleset saat menendang bola.

Dengan hasil ini Persebaya berada di peringkat kedua klasemen Grup B Piala Presiden, berada di bawah Sriwijaya FC yang menang 1-0 atas Bersiba Balikpapan pada pertandingan sore tadi. (hrs)