Persebaya Dibuat Malu Persib Bandung

18 Oct 2019 21:10 Liga Indonesia

Persebaya dihajar Persib Bandung 1-4 dalam laga pekan ke-23 Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat, 18 Oktober 2019.

Gol Persib dicetak oleh Febri Hariyadi (31 dan 84), Achmad Jufriyanto (40), dan Kevin van Kippersluis (60). Sementara gol penghibur Persebaya dicetak oleh Diogo Campos melalui titik pinalti pada menit 71.

Pertandingan berlangsung dengan tempo cukup cepat. Laga berlangsung terbuka dan kedua tim saling serang. Kedua tim langsung beradu kekuatan setelah laga dimulai.

Namun Persebaya mendapat lebih banyak peluang untuk mencetak gol. Pada menit ketiga, Oktafianus bisa menendang bola dari dalam kotak penalti, namun si kulit bundar hanya melambung di atas gawang Persib.

Pada menit ke-12, Da Silva sempat melewati hadangan dua pemain lawan. Namun tendangannya masih belum bisa membuahkan gol.

Giliran Persib yang menebar ancaman. Febri nyaris mencetak gol pada menit ke-23. Namun bola hasil tendangannya masih melayang di atas gawang.

Pada menit 31 Febri akhirnya berhasil mencetak gol, setelah mendapat bola crossing Nazari yang berbelok arah. Febri mengecoh satu pemain lawan dari dalam kotak penalti. Dengan kaki kanannya ia menendang bola dengan terarah ke pojok kanan bawah gawang Persebaya.

Pada menit ke-40, Persib kembali memperbesar kemenangan. Free kick Kippersluis ke tiang jauh ditanduk balik ke tengah kotak penalti oleh Kuipers. Di sana sudah ada Jupe yang menyontek bola dengan kaki kanannya. Persib unggul 2-0 hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Persebaya berusaha untuk berbenah. Mereka melakukan pergantian pemain di sektor gelandang. Akan tetapi justru Persib yang bisa menambah keunggulannya.

Kali ini Van Kippersluis yang bisa mencatatkan namanya di papan skor. Dengan tendangan bebas kaki kiri yang ciamik, dari area kiri kotak penalti, pemain asal Belanda ini menendang bola yang melaju melengkung ke pojok kanan atas gawang Persebaya. Dan Persib pun unggul 3-0.

Persebaya berusaha tampil lebih agresif meski sudah tertinggal tiga gol. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-71. Bola tendangan Da Silva mengenai tangan kanan Kuiper. Campos sempurna mengeksekusi pinalti.

Namun Persebaya kemudian harus bermain dengan 10 pemain saja sejak menit ke-79. Campos menerima kartu kuning kedua dan harus diganjar kartu merah. Ia dikartu kuning karena tetap menendang bola meski wasit sudah meniup peluit karena adanya pelanggaran handball.

Persebaya tetap tak mau menyerah. Sayangnya hal itu harus dibayar mahal. Persib mampu mencetak gol via serangan balik. Umpan terobosan Ezechiel mampu dimaksimakan dengan baik oleh Febri yang lari melesat melalui dua pemain lawan dan menaklukkan Miswar dengan mudah. 4-1.

Jelang laga berakhir, Persib mendapat dua kans emas mencetak gol. Yang pertama melalui Ezechiel yang lolos dari jebakan offside. Namun ia terlalu lama mengiring bola dan bola tendangannya bisa diblok lawan. Bola muntah pun gagal dimaksimalkan oleh Erwin. Persib kemudian bisa mencetak gol namun dianulir karena offside. Hingga peluit panjang ditiup tanda berakhirnya babak kedua Persebaya menang 4-1.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini