David da Silva tidak bisa berkutik karena ditempel ketat oleh Ruben Sanadi yang juga mantan rekan setimnya. (Foto: Faris/Ngopibareng.id)
Piala Gubernur Jatim 2020

Persebaya Keok di Tangan Bhayangkara FC

Liga Indonesia 12 February 2020 18:23 WIB

Peluang Persebaya untuk lolos ke semifinal Piala Gubernur Jawa Timur 2020 semakin tipis menyusul kekalahan 0-1 dari Bhayangkara FC di laga kedua, Rabu 12 Februari 2020. Bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Bajul Ijo mengalami kesulitan di sepanjang laga.

Gol semata wayang Bhayangkara FC di pertandingan ini dicetak oleh Dendy Sulityawan di menit ke-71. kekalahan ini membuat Persebaya untuk sementara berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B. Mereka rawan tergeser oleh Madura United yang akan tampil di jam kedua lawan Persik Kediri.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu saat ini mengantongi 3 poin. Sedangkan Bhayangkara FC yang memuncaki klasemen telah mengemas 4 poin hasil dari sekali seri dan sekali menang. Di posisi ketiga, ada Madura United yang memiiki 1 poin, tapi belum memainkan pertandingan keduanya.

Babak I

Di awal laga,  jalannya pertandingan relatif seimbang. Kedua tim saling bertukar serangan. Namun Persebaya maupun Bhayangkara kerap kesulitan menembus pertahanan masing-masing. Gempuran yang mereka lancarkan kerap kandas saat memasuki pertahanan lawan.

Namun lambat laun Persebaya berhasil mengambil kendali permainan. Mereka tampil menyerang dan memaksa Bhayangkara lebih banyak bertahan. Sayangnya, usaha para pemain Bajul Ijo tak juga membuahkan hasil. Salah satunya sepakan keras pemain Persebaya yang membentur tiang gawang.

Terus menggempur pertahanan lawan, Persebaya nyaris kecolongan ketika sundulan Dendy Sulistyawan mengarah ke gawang Persebaya. Beruntung, Rifki Mokodompit masih bisa membuat penyelamatan gemilang untuk mementahkan peluang emas Bhayangkara.

Setelah itu, Persebaya masih mendominasi jalannya pertandingan. Tapi upaya keras para pemain Persebaya tak juga membuahkan hasil. Bahkan hingga berakhirnya babak pertama, skor masih sama kuat, 0-0.

Babak II

Di babak kedua tak banyak berubah. Persebaya memiliki kendali permainan. Mereka juga mencetak sejumlah peluang emas.

Persebaya mempunyai kesempatan untuk membuat keunggulan ketika Hidayat dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh pemain belakang Bhayangkara di menit ke-70. Namun Makan Konate yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik setelah sepakannya melambung di atas mistar.

Kegagalan ini ternyata membuat mental pemain Persebaya drop. Satu menit kemudian  Hal ini dimanfaatkan oleh Bhayangkara FC. Memanfaatkan kesalahan Arif Satria yang gagal membuang bola, Dendy mencetak gol untuk membawa Bhayangkara unggul 1-0.

Persebaya sempat tersentak dan berusaha mencari gol balasan. Namun, upaya mereka terbuang percuma karena lemahnya penyelesaian akhir. Akibatnya, mereka harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC.    

Dengan hasil ini, Persebaya harus bekerja keras hingga pertandingan terakhir di Grup B lawan Madura United, Jumat 14 Februari 2020. Di laga ini, Persebaya wajib menang bila ingin lolos ke semifinal.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...