Persebaya Cari Solusi Matikan Makan Konate

11 Apr 2019 14:51 Liga Indonesia

Asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro masih mencari formula agar lini tengah Bajul Ijo tidak kalah dengan Arema FC yang di dominasi oleh Makan Konate.

Saat leg pertama, Selasa kemarin, Persebaya terbukti kalah di lini tengah. Hal tersebut pun bermula setelah ditariknya M. Hidayat yang mengalami cedera, lalu digantikan oleh Fandi Eko Utomo.

Namun, saat leg kedua menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat besok, Gelandang Persebaya M Hidayat diragukan tampil. Karena pemain tersebut masih belum fit 100 persen.

"Kondisi Hidayat tidak bisa kemungkinan (main lawan Arema). Tapi tetap dibawa ke Malang," kata Bejo saat memimpin latihan di Lapagan Polda Jatim, Kamis 11 April 2019.

Meski besar kemungkinan ikut ke Malang, Bejo mengaku telah menyiapkan opsi pengganti pemain kelahiran Bontang tersebut. Ia pun tidak memaksakan bila sang pemain tidak bisa tampil. Sejumlah nama telah disiapkan untuk menggantikan posisinya.

"Banyak opsi, Abu Rizal Maulana (Rodeg) bisa, karena di internal pernah (jadi gelandang bertahan), Rachmat Irianto juga bisa," lanjut dia.

Sejatinya dua pemain tersebut berposisi sebagai bek. Keduanya belum pernah dicoba menjadi gelandang bertahan selama memperkuat Persebaya. Namun, Bejo menyebut bahwa opsi memasang keduanya sebagai jangkar tetap mungkin dilakukan.

Rodeg selama di klub internal pernah diplot gelandang bertahan. Begitu juga dengan Rian, saat masih di Frenz United pernah menjajal posisi Hidayat. Hanya saja di kompetisi resmi dua nama itu sudah tidak pernah bermain di posisi gelandang.

"Situasi seperti ini harus berani ambil resiko, karena kemenangan tujuannya," ujar Bejo.

Pada leg pertama final Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa lalu, M Hidayat harus ditarik pada menit 13 akibat cidera yang dideritanya. Dia digantikan Fandi Eko Utomo.

Tetapi masuknya Fandi Eko yang memiliki karakter lebih menyerang ini justru membuat gelandang Arema FC menguasai lini tengah. Dominasi Makan Konate jadi tidak terbendung lagi setelah keluarnya Hidayat. Hasilnya Persebaya menelan hasil seri 2-2 di kandang sendiri. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini