Bungkam PSKT 4-2, Persebaya Tembus 32 Besar

23 Dec 2018 16:03 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya berhasil menembus babak 32 besar Piala Indonesia setelah mengalahkan PSKT Sumbawa Barat dengan skor 4-2, Minggu, 23 Desember 2018 di Stadion 17 Desember, Mataram.

Kemenangan ini merupakan bukti para pemain muda Bajol Ijo yang jarang mendapatkan kesempatan bermain selama Persebaya mengarungi kompetisi Liga 1.

Meski menang, Persebaya harus bersusah payah. Pasalnya, PSKT memberikan perlawanan sengit sepanjang laga berjalan. Bahkan, tim berjulukan Lebah Putih ini mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-20. Tandukan keras yang dilakukan oleh Jumarsih gagal diantisipasi oleh Alfonsius Kelvan (kiper Persebaya).

Tertinggal 0-1, Persebaya tak panik. Mereka memberikan respon positif dengan mencoba menguasai bola sebanyak mungkin dan memberikan tekanan secara spartan pada pertahanan lawan.

Usaha Persebaya untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil setelah wasit wasit Novari Ihsan memberikan hadiah penalti setelah melihat pemain PSKT melakukan handball di dalam kotak penalti.

Misbakus Solikin yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan sepurna. Tendangannya mampu memperdaya kiper PSKT Nasjayadi. Gol tersebut membuat skor menjadi imbang, 1-1.

Usai menyamakan skor, Persebaya langsung melakukan rotasi. Irfan Jaya masuk menggantikan Adam Maulana. Namun, kedudukan 1-1 tak berubah hingga 45 menit babak pertama usai.

Masuk interval kedua, Persebaya langsung menggebrak pertahanan lawan. Hasilnya, saat pertandingan baru berjalan empat menit, Fandi Eko Utomo berhasil mencetak gol spektakuler.

Berawal dari bola liar yang dibuang oleh pemain PSKT, bola justru jatuh ke kaki Fandi. Tanpa kontrol, eks pemain Madura United itu menyambar bola dengan kaki kanannya. Bola yang meluncur deras pun gagal dijangkau oleh Nasjayadi. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Gol kedua Persebaya mengubah jalannya pertandingan. PSKT semakin sulit bangkit dari keterpurukan. Akibatnya, Persebaya kembali menambah keunggulan di menit ke-70 sekaligus mengubah skor menjadi 3-1. Kali ini, Rendi Irwan yang mencatatkan namanya di papan skor. 

Sayang, usai gol tersebut, tujuh menit kemudian giliran gawang Persebaya kebobolan. Kali ini lagi-lagi Jumarsih membuat gawang Persebaya terkoyak. Skor pun berubah menjadi 2-3.

Namun, tiga menit menjelang waktu normal habis, Persebaya mampu mengunci kemengan lewat gol Irfan Jaya di menit ke-87. Berawal dari aksi Oktafianus Fernando, Irfan Jaya yang berdiri bebas tanpa kawalan tak kesulitan menceploskan bola ke gawang PSKT. Gol Irfan Jaya ini sekaligus menutup laga Persebaya kontra PSKT dengan skor 4-2. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini