Persebaya-Arema FC Berebut Tiket Final, Siapa yang Lebih Unggul?

02 Mar 2018 11:18

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Persebaya Surabaya dan Arema FC berburu tiket final turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur (PGK) di Stadion Utama Palaran, Samarinda, Jumat 2 Maret sore pukul 15.30 WIB. Pertandingan kedua tim asal Jawa Timur ini akan beradu menunjukkan siapa tim terbaik asal Jatim.

Rivalitas Bajul Ijo dan Singo Edan tak perlu diragukan lagi, nama mereka berdua bahkan sudah melekat di masyarakat Indonesia. Tapi pertarungan antara Persebaya dan Arema tidak hanya berlangsung di lapangan, tetapi juga di luar lapangan, tensi pertandingan seringkali panas sehingga memicu persaingan dan gesekan suporter kedua tim.

Pada semifinal Piala Gubernur kali ini, Persebaya sedikit lebih diunggulkan dibanding Arema FC. Pasalnya dari perjalanan kedua tim pada babak penyisihan grup yang dimainkan di Balikpapan dan Samarinda, Bajol Ijo sama sekali belum terkalahkan.

Ya, Persebaya melaju ke semifinal tanpa pernah kalah dalam tiga pertandingan dan menjuarai Grup B. Rendy Irwan dkk memupus harapan Madura United, tuan rumah Persiba Balikpapan, dan terakhir tim kuat Sriwijaya FC.

Selain itu sang rival, Arema FC harus memainkan Laga penyisihan terakhir Grup A untuk menggenggam tiket semifinal. Anak asuh Joko Susilo ini terseok-seok pada dua pertandingan awal, setelah kalah dari PSIS Semarang dan juara bertahan Borneo FC.

Mereka baru memastikan lolos ke babak empat besar setelah pada laga terakhir menyingkirkan pesaingnya asal Kalimantan Timur, Mitra Kukar, dengan skor telak 3-1.

Dari catatan pertandingan selama di penyisihan grup, tentu bukan menjadi penentu dalam pertandingan sore nanti. Hal ini lantaran mental pemain harus kembali diadu di atas lapangan hijau. Sebab tensi tinggi pertandingan akan menentukan klub mana yang lebih siap bertanding di bawah atmosfer panas dalam stadion.

Tak hanya itu, dalam pertandingan nanti juga diperkirakan sekitar 5.000 Aremania dan 3.000 Bonek akan hadir langsung mendukung timnya di Samarinda.

"Pertandingan nanti sangat seru karena kedua tim lama tidak ketemu. Persebaya memainkan pertandingan dengan baik di laga sebelumnya, sekarang kami tidak ada masalah. Dan kami akan siap bermain di depan ribuan pendukung kami," kata pelatih Persebaya Alfredo Vera.

Selain Alfredo, pelatih Arema Joko Susilo ikut mengatakan, pertemuan ini bakal menjadi seru. Karena sama-sama punya motivasi untuk meraih kemenangan dan lolos ke final.

"Ya ini adalah pertandingan derby atau ketemu tim rival menjadikan pertandingan memang panas. Tapi rivalitas kedua tim hanya ada di 90 menit. Selebihnya kami tetap berkawan," kata Gethuk. (hrs)