Kopi Brokoli.

Pernah Bayangkan Kopi Brokoli? Ini Manfaatnya

07 Jun 2018 20:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat namun sedikit peminatnya. Kini ada cara baru untuk menikmati brokoli dalam bentuk bubuk kering yang digiling halus untuk ditambahkan ke dalam kopi.

Kedengarannya mungkin sedikit menjijikkan. Namun menurut para pencipta minuman Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) dan Inovasi Hort, mereka menerima laporan 'campuran' di kafe Melbourne yang menyajikannya brokoli dalam minuman kopi.

Ternyata tak hanya kopi, CSIRO juga menambahkan bubuk brokoli ke makanan ringan yang diekstrusi, dan bisa berfungsi sebagai bahan untuk smoothies, muffin, dan sup.

Sekitar dua sendok makan bubuk brokoli setara dengan satu porsi sayuran, sesuai yang direkomendasikan oleh pemerintah Australia, lima hingga tujuh porsi setiap hari.

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C, K, A dan B6, serta folat, magnesium dan kalium, di antara nutrisi lainnya. Bubuk brokoli ini menggunakan seluruh bagian brokoli mulai dari kuntum hingga batang.

Tidak ada potongan yang dibuang seperti dalam proses memasak sehari-hari. Proses produksi juga memperhatikan untuk mempertahankan sebanyak mungkin warna, rasa, dan nutrisi asli.

Hasilnya bahkan lebih sehat daripada tumis-tumisan. Ke depannya, diharapkan brokoli bubuk ini bisa dengan mudah dijual di pasaran sehingga kamu bisa segera mencobanya di rumah.

"Saya melihat proyek ini sebagai tren makanan baru yang muncul," ujar produsen brokoli Fresh Select,  John Said.

Apakah anda tertarik mencobanya?