Ilustrasi. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Permudah Akses, Lumbung Pangan Jatim Bisa Layani COD

Surabaya 06 June 2020 15:35 WIB

Pengelola Lumbung Pangan Jawa Timur terus  berinovasi untuk memberikan kemudahan berbelanja bagi masyarakat yang tengah terdampak adanya wabah virus corona atau covid-19. Kini, pengelola mengeluarkan sistem belanja cash on delivery (COD) melalui Whatsapp.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sistem COD ini bisa dinikmati seluruh warga Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik tanpa ada tambahan ongkos kirim.

Ia menambahkan, ini untuk memberikan kemudahan bagi warga yang mungkin tak bisa berbelanja melalui sistem online atau tak bisa membayar dengan sistem cashless melalui transfer atau e-money.

"Alhamdulillah setelah sistem disusun, maka mulai hari ini masyarakat Surabaya Raya sudah bisa belanja sembako murah dengan sistem bayar di tempat atau COD dan pesannya cukup lewat WA," kata gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini.

Pemesanan lewat WA bisa diakses melalui nomor 08113340033. Pemesanan bisa dilakukan setiap hari pada jam kerja mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Dalam pesan WA tersebut, ada katalog sembako yang ditawarkan kepada calon pemesan.

Sementara itu, teknis pemesanan sendiri calon pemesan akan dimintai konfirmasi dan juga identitas berupa KTP. Setelah itu, pesanan akan langsung diantarkan dalam waktu itu juga. Terakhir, pengantar akan melakukan konfirmasi pengantaran kepada pemesan.

"Sama seperti pesan lewat website, COD ini juga free ongkir. Kita memberikan subsidi untuk pengiriman sembako murah yang dibeli di Lumbung Pangan Jatim," kata Khofifah.

Syarat yang diberlakukan dalam sistem pembelian COD minimal pembelian Rp60 ribu. Sedangkan berat belanjaan maksimal hanya 20 kilogram.

Sejauh ini di masa uji coba, sudah ada lebih dari 30 pelanggan yang dilayani via COD, dan terus akan dibuka hingga tanggal 21 Juli 2020 mendatang.

"Kami berharap lewat sistem COD lewat WA ini, ibu-ibu dan masyarakat bisa terbantu untuk mengakses sembako murah yang harganya jauh di bawah harga pasar," kata mantan Menteri Sosial RI.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 12:10 WIB

Hagia Sohpia Berubah Jadi Masjid, Pemimpin Dunia Resah

Internasional

Hagia Sophia berubah menjadi masjid.

11 Jul 2020 11:45 WIB

Logo Partai Gerindra Diganti Lobster, Ini Kata Susi Pudjiastuti

Nasional

Logo Partai Gerindra gambar kepala burung garuda diganti menjadi lobster.

11 Jul 2020 11:45 WIB

Logo Partai Gerindra Diganti Lobster, Ini Kata Susi Pudjiastuti

Nasional

Logo Partai Gerindra gambar kepala burung garuda diganti menjadi lobster.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...