Rina Nose. (Foto: Instagram)

Permintaan Maaf Rina Nose Usai Plesetan Marga Latuconsina

Gosip Artis 19 May 2020 23:23 WIB

Rina Nose akhirnya buka suara soal tudingan menghina salah satu marga Maluku, Latuconsina. Ia pun kaget saat mengetahui dirinya dilaporkan ke pihak berwajib.

"Iya saya juga kaget pas tahu ada teguran soal ini. Di luar dugaan dan pengetahuan saya," ujar Rina Nose.

Sebelumnya, dugaan penghinaan tersebut bermula saat artis Prilly Latuconsina menjadi bintang tamu dalam acara televisi yang dipandu oleh Andre Taulany dan Sule. Nama belakang wanita 23 tahun itu pun menjadi bahan candaan oleh Andre Taulany.

Andre Taulany memplesetkan nama belakang Prilly Latuconsina (maaf) Prilly Latukondangan. Kemudian Rina Nose yang juga berada dalam acara tersebut juga iku memplesetkannya menjadi (maaf) Prilly Latukonstraksi untuk bahan tertawaan.

Kini Andre Taulany dan Rina Nose terancam pidana. Keduanya dipolisikan dengan pasal pencemaran nama baik melalui media elektronik, dengan Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 310 KUHP.

Karena ketidaktahuannya tersebut, Rina Nose menyesal. Wanita 36 itu benar-benar tidak ada niat untuk melakukan SARA. "Karena saya sama sekali nggak tahu kalau Latuconsina itu nama marga. Karena satu-satunya nama Latuconsina yang saya tahu itu, ya cuma Prilly Latuconsina," kata Rina Nose.

"Malah saya kira nama belakang Prilly, Latuconsina itu nama bule indo gitu. Jadi murni dari ketidaktahuan saya, dan kami berdua (dengan Andre Taulany)," sambungnya.

Bersyukur, permintaan maaf Rina Nose disambut baik oleh keluarga Prilly Latuconsina. "Saya secara pribadi pun sudah minta maaf langsung sama Prilly dan keluarganya. Dan responnya luar biasa bijaksana. Mereka sangat paham dengan ini. Saya berterima kasih dan sangat menghargainya," ujar Rina Nose.

"Bahkan permintaan maaf saya juga sudah diteruskan oleh keluarga Prilly ke pihak-pihak yang merasa tersinggung. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada Prilly dan keluarga," sambungnya.

Kini yang menjadi masalah adalah laporan ke polisi yang dilayangkan kepada Rina Nose. Ia berharap kepada seluruh pihak yang tersakiti bisa memaafkan kesalahannya atas ketidaksengajaan yang dibuatnya bersama Andre Taulany.

"Dan kepada seluruh masyarakat yang bersangkutan, khususnya masyarakat Ambon/Maluku, pemilik nama marga tersebut, saya, kami sangat menyesal dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Saya sangat mengerti dan memahami kekecewaan itu," imbuh Rina Nose.

"Saya pun pasti akan merasakan hal yang sama jika ada di posisi seperti kalian semua. Ini keteledoran kami dengan segala keterbatasan pengetahuan. Saat ini saya juga sedang menyusun narasi untuk membuat video permintaan maaf secara langsung," pungkasnya.

Wanita bernama asli Nurina Permata Putri itu akan mengikuti proses hukum yang ada. Dia mengaku siap jika dirinya nanti dipanggil oleh polisi. Hal itu akan dilakukannya sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

14 Aug 2020 09:12 WIB

Laka Maut di Jember, 5 Korban Meninggal

Nusantara

Ada 5 yang korban luka-luka dan 5 meninggal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...